Kritik Anies Baswedan Soal Wacana Hidupkan Kembali Becak di Ibu Kota!

0
891
becak
Copyright ©infoteratas

Wacana Operasikan Kembali Becak dari Anies Baswedan Menuai Pro dan Kontra

Indowarta.com – Terkait dengan wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin mengoperasikan kembali becak di Ibu Kota telah mendapatkan banyak tanggapan. Alat tradisional tersebut sudah dilarang untuk beroperasi lantaran dianggap banyak melanggar sejumlah aturan.

BACA JUGA : Cantrang Hanya Boleh Digunakan Di Laut Jawa!

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, jika becak akan kembali dioperasikan maka dimungkinkan akan terjadi urbanisasi para pengemudi becak dari desa pindah ke kota. Oleh karena itu, dia mengingatkan kepada Anies untuk mempertimbangkan kembali wacana itu.

Sedangkan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan, jika becak kembali diizinkan beroperasi di Jakarta, maka besar kemungkinan akan dapat menimbulkan kecelakaan.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Sorot Lebih Mendalam, Kenapa Ahok Kalah dari Anies Baswedan di Pilkada DKI Putaran Kedua?

“Menurut data, korban sepeda motor itu sudah banyak, pelanggaran kecelakaan oleh sepeda motor. Kemudian kalau becak ini rentan juga terjadi kecelakaan, karena ada kemungkinan lawan arus, ini bisa timbulkan kecelakaan,” kata Halim di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/1/18).

becak,
Copyright ©IST

Pengamat Publik Agus Pambagio telah ikut mengkritik hal tersebut karena hanya sebagai agenda pemenuhan janji politik. Melihat dari perencanaannya, dia menilai kalau tidak ada kajian akademis yang dilakukan oleh Anies Baswedan. Karena menurutnya penarikan kebijakan publik harus didasari dengan akademis yang  tepat.

BACA JUGA : Rumah DP Rp0, Sandiaga Uno, Anies Baswedan

“Gubernur Anies terikat oleh janji kampanyenya dulu, dan saya sangat menyayangkan ini kenapa pakai politik buat urus rakyat. Kebijakan yang diambil untuk masyarakat sebaiknya dikaji secara akademis, harus punya basis akademisinya juga, kalau sekarang enggak kayak gitu,” kata Agus saat diskusi di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/18).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Berbagai Peraturan Ahok yang Bakalan Dicabut Oleh Anies Baswedan Saat Jadi Gubernur DKI!

Menanggapi kritikan tersebut, Anies Baswedan mengatakan kalau becak akan dioperasikan kembali hanya dilingkungan perkampungan. Dia percaya kalau penataan becak tersebut nantinya akan diterima dan dapat dijalankan seperti halnya rumah DP Rp 0 yang beberapa waktu sempat mendapatkan keraguan.

“Kami percaya nanti ketika kebijakannya sudah muncul persis seperti DP 0 persen, apa DP 0 persen itu? Semuanya menganggap banyak sekali yang menganggap itu enggak bisa jalan, itu problematis. Nanti kita akan muncul dengan kebijakan lengkap nanti baru kita umumkan,” tegas Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/1/18).

BACA JUGA : Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Kompak Mengunjungi Pemakaman Habib Kwitang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here