Detik Detik Robohnya Konstruksi LRT yang Timpa 5 Pekerja!

0
581
robohnya konstruksi LRT,
Copyright ©Instagram @jktinfo

Penyabab Robohnya Kontruksi LRT Masih Dalam Tahap Identifikasi

Indowarta.com – Direktur Utama Jakarta Propertindo (JakPro) Satya Heragandhi mengatakan, bahwa robohnya kontruksi LRT di Utan Kayu, Jakarta Timur, pada Senin, 22 Januari 2018 dini hari, terjadi pada saat petugas sedang memasangkan antar-span box P28 ke P29.

BACA JUGA : Syarat Ikut Program Rumah DP 0 Rupiah!

Sedangkan span box yang akan dipasangkan tersebut merupakan satu dari dua span box terakhir yang akan dipasangkan dalam proyek ini. Pada pekan lalu span box itu sudah diangkat dan dipersiapkan untuk pemasangan yang akan dilakukan pada Minggu pukul 06.00 WIB.

“Pemasangannya sudah diperiksa dan betonnya sudah siap untuk dilakukan proses berikutnya,” kata Satya di Jakarta, Senin pagi.

WAJIB BACA :  Tiang Proyek LRT Roboh, Timpa Dua Rumah Warga di Kelapa Gading!

Kemudian pada Minggu malam, kata dia, petugas telah melakukan sressing. Ini merupakan langkah untuk penarikan kabel baja (termasuk kabel tendon) untuk menyangkutkan box girder yang akan dijadikan satu menjadi span girder.

Sekitar pada pukul 24.00 WIB, para petugas sudah selesai melakukan stressing dan bangunan ini sudah diklaim telah terpasang dengan baik. Tak lama, petugas mendengar suara retakan. Kemudian mereka langsung melakukan pemeriksaan pada span box yang sudah terpasang. Akan tetapi mendadak robohnya kontruksi LRT ini terjadi.

robohnya konstruksi LRT
Copyright ©kompas

“Tapi 10 menit kemudian ada suara ‘krek’, langsung karyawan yang bertugas memeriksa. Pada saat diperiksa terjadi robohnya span box girder,” pungkasnya.

BCA JUGA : Angin Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Sidoarjo!

Akibat dari robohnya kontruksi LRT tersebut, kata Setya, ada lima orang petugas yang mengalami sejumlah luka karena terkena reruntuhan dari span box tersebut, pada saat itu juga kelimanya langsung dilarikan kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

WAJIB BACA :  Longsor di Menara Saidah Tak ganggu Proyek LRT!

Sekarang ini masih dalam tahap investigasi untuk mengetahui penyebab dari robohnya kontruksi LRT ini. Menurutnya, kejadian ini sangat jarang sekali terjadi, karena seluruhnya sudah tertumpu dengan baik.

“Ini (penyebab) yang membutuhkan informasi lebih detail. Kejadian ini sangat jarang terjadi atau tidak biasa karena ini sudah tertumpu dengan baik di kedua pile (fondasi),” pungkasnya.

Dia menjelaskan bawah dalam kejadian robohnya kontruksi LRT ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan sejumlah polisi yang datang ke lokasi langsung memasang garis polisi di sekitar lokasi kejadian. Kejadian ini juga telah menyebabkan kemacetan.

“Tapi tadi pagi kemacetannya jadi kemana-mana, jadi kami minta untuk bisa dibuka karena jalan ini secara sistem aman. Jadi penanganan di sekitar area tidak ada potensi bahaya terhadap masyarakat yang lalu lalang dan semua terpusat di area aman yang kami miliki,” kata dia.

BACA JUGA : Publik Harus Tahu Partai Mana yang Setujui LGBT dan Pernikahan Sejenis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here