Gunung Sinabung Kembali Luapkan Erupsi Setinggi 3 KM!

0
687
Gunung Sinabung (1)
Copyright ©liputan6

Erupsi Kembali Terjadi Pada Gunung Sinabung Hari Ini

Indowarta.com – Setelah beberapa pekan lalu menunjukkan aktivitasnya, kali ini Gunung Sinabung kembali erupsi. Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sunabung Armen Putra mengungkapkan, erupsi pada gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu terjadi pada Selasa (23/1/18) sekitar pukul 08.18 WIB dengan ketinggian 3.000 meter.

BACA JUGA : Komentar Mendagri Soal Gaya Rambut Pasha Ungu!

Namun pada erupsi kali ini tidak dibarengi dengan munculnya awan panas serta guguran lava. Sedangkan kondisi Gunung Sinabung yang saat ini berstatus Awas tersebut masih terlihat terpatau cerah dengan awan lemah dari sisi timur-tenggara.

” Gunung Sinabung mengeluarkan abu vulkanis dengan tinggi kolom 3.000 meter atau 3 kilometer (km). Saat erupsi sempat terjadi gempa selama 689 detik. Akibat erupsi, sebagian wilayah di Kecamatan Simpang Empat tertutup abu vulkanis,” ujarnya, Selasa (23/1/18).

WAJIB BACA :  Waspada Zona Merah di Gunung Sinabung, Banjir Lahar Bisa Jadi Ancaman!

Disamping itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Martin Sitepu menghibau kepada masyarakat atau pengunjung yang berada di sekitar Gunung Sinabung agar tidak masuk dalam zona merah yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Gunung Sinabung
Copyright ©Reuters

“Mengimbau warga tidak masuk ke zona merah. Lalu jika membutuhkan masker akan kami berikan, dan apabila ada fasilitas umum seperti jalan, lapangan, serta sekolah yang terdampak erupsi akan kami lakukan penyiraman. Erupsi parah sekali kita lakukan. Tapi saat ini abu dari Sinabung belum mengarah ke sini (Kabanjahe dan Berastagi),” paparnya.

BACA JUGA : Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 3,5 KM!

Sedangkan untuk masyarakat yang berada di sekitar Sungai Laborus diharapkan untuk tetap waspada dalam kondisi apapun, khususnya pada saat musim hujan. Hal tesebut karena sungai itu merupakan aliran lahar dari Gunung Sinabung.

WAJIB BACA :  Gunung Sinabung Meletus Hebat, Abu Vulkanik Keluar Sampai 2 KM!

Sampai sekarang ini Gunung Sinabung terus memiliki potensi mengeluarkan awan panas dan guguran lava dalam erupsinya. Selain itu, saat berlangsungnya erupsi telah terjadi gemap kecil yang ada di areal gunung.

Luncuran debu dari gunung berapa itu sampai sekarang ini masih belum mengganggu pemandangan. Pasalnya pada saat erupsi terjadi debu telah menyabar diudara dan kemudian diterpa oleh angin.

BACA JUGA : Tujuh Pengemudi Grab Ini Ditangkap Polisi Karena Antar ‘Tuyul’!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here