Lima Partai di DPR yang Terancam Tak Punya Kursi Lagi!

0
1680
Pilkada DKI
Copyrigth©bisnis

Beberapa Parpol Terancam Tidak Dapat Memenuhi Ambang Batas Untuk Mendapatkan Kursi DPR

Indowarta.com – Berdasarkan hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia 2018, menyatakan bahwa akan ada lima partai politik yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sekarang ini terancam tidak akan lolos kembali masuk parlemen untuk periode mendatang.

BACA JUGA : Gus Ipul Kontrak Khusus Nella Kharisma dan Via Vallen Untuk Pilkada Jatim!

“PPP, Nasdem, PKS, PAN, dan Hanura istilahnya masih ngeri-ngeri sedap untuk bisa lolos parliamentary threshold 2019,” ujar peneliti LSI Rully Akbar di Kantor LSI, Jakarta, Rabu (24/1/18).

Agar dapat meraih kursi di DPR, parpol harus mendapatkan suara minimal 4 persen sah nasional saat Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif 2019 nanti. Akan tetapi, berdasarkan hasil survei yang dilakukan LSI menunjukkan hasil yang cukup mengkhawatirkan pada lima partai tersebut.

WAJIB BACA :  Elza Syarief Minta Perlindungan Dari KPK Karena Dapat Ancaman Dari DPR!

Hal ini karena suara-suara yang didapat oleh sejumlah partai politik yang ikut dalam pemilu sebelumnya itu sekarang ini berada di bawah dari batas yang ditentukan. Menurut hasil survei menunjukkan kalau PPP mendapatkan 3,5 persen, PAN sebesar 2,0 persen, Hanura 0,7 persen, sedangkan PKS 3,8 persen.

Hanya partai Nasdem yang sudah mendapatkan suara sedikit diatas ambang batas, yaitu 4,2 persen. Namun, lantaran dalam survei ini memiliki margin of error sebesar 2,9 persen, maka perolehan suara untuk Nasdem masih tergolong mengkhawatirkan untuk lolos mendapatkan kursi DPR.

Parpol Peserta Pemilu 2019
Copyright©tribunjateng

“Empat persen bukan angka yang kecil untuk partai-partai lama, untuk bisa masuk kembali ke arena,” ujar Rully.

WAJIB BACA :  Fahri Hamzah Pastikan DPR Revisi UU KPK!

BACA JUGA : Prabowo Nyalon Presiden Lagi, Gerindra Bisa Jadi Pemenang Pemilu 2019!

Sedangkan beberapa partai baru dan partai lama yang berada di luar DPR sekarang ini juga tidak memdapatkan suara yang melewati ambang batas yang ditentukan. Diantaranya adalah PKPI mendapatkan perolehan suara 0,2 persen, PBB 0,3 persen.

Kedua parpol tersebut diketahui sudah mengikuti pemilu 2014, akan tetapi mereka gagal untuk mendapatkan kursi DPR. “Jika perolehan suaranya tak berubah, pada pemilu 2019 kedua partai ini akan bernasib sama,” pungkas Rully.

Untuk partai baru, seperti PSI mendapatkan 0,3 persen suara, Perindo 3,0 persen. Rully menilai, bahwa suara yang didapat Perindo memang cukup besar karena sudah berhasil memanfaatkan media yang dimiliki oleh Ketua Umumnya, Hary Tanoesoedibjo.  Akan tetapi, dia menganggap kalau partai ini masih sulit untuk menembus ambang batas kursi DPR.

“Partai-partai baru dan papan bawah terancam tak lolos ambang batas parlemen, kecuali ada isu big bang (fenomena politik yang luar biasa) dan ada magnet tokoh yang kuat,” kata dia.

BACA JUGA : Larangan Rangkap Jabatan Berarti Sudah Tidak Berlaku!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here