Penjelasan Ilmiah Soal Hujan Es di Magelang!

0
829
Hujan es
Copyright ©tribunnews

Hujan Es Tejadi di Wilayah Magelang, Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Indowarta.com – Fenomena alam langka telah terjadi di Kota Magelang, Jawa Tengah. Dikawasan tersebut warga digegerkan dengan terjadinya hujan es yang berlangsung pada hari Rabu (24/1/18). Kejadian itu berupa jatuhnya gumpalan kecil es yang disertai dengan hujan lebat.

BACA JUGA : Sebentar Lagi Gerhana Bulan Total, Anies Baswedan Buat Surat Edaran Ini!

Akibat dari adanya kejadian ini sudah mengganggu jarak pandang para pengendara yang sedang melintas. Selain itu, ada baleho yang telah roboh usai hujan es di Magelang itu terjadi kemarin.

Kenapa bisa terjadi hujan es di negara tropis seperti Indonesia? Memang diketahui kalau fenomena hujan es ini sudah ada negara tropis. Namun hujan tersebut berbeda dengan hujan salju. Kejadian ini terjadi pada saat kondensasi uap air yang mulai terbentuk dan mengalami pendinginan saat berada di atmosfer di lapisan dibawah level beku.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Begini Penampakan Hujan Es yang Serupa dengan Salju di Bandung!

Pada saat itu gumpalan es ini memiliki ukuran besar, dimana pasa saat sudah berukuran besar telah ditarik oleh gravitasi bumi, sehingga pada saat sampai ditanah gumpalan es itu menjadi kecil dan bercampur dengan hujan.

hujan es
Copyrigth©Twitter

Walau terjatuh ke bawah dengan suhu yang relatif hangat. Namun es tersebut tidak langsung mencair. Pencairan gumpalan itu terjadi pada saat terjatuh ke bumi, sehingga akan membentuk hujan es di sebuah tempat.

BACA JUGA : Heboh Video Pasien Cantik Ngaku Dilecehkan Perawat Pria!

Biasanya hujan es ini terjadi di kawasan dengan ketinggian dibawah 3.400 meter, dimana sudah terjadi sebuah titik pembekuan. Sedangkan adanya udara kering yang massif sudah menjadikan awan cumulonimbus tingkat bekunya mengalami penurunan. Hingga akhirnya terjadi hujan pada volume besar namun masih dalam gumpalan es kecil.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: BMKG Berikan Penjelasan Kenapa Bisa Terjadi Hujan Es di Jakarta!

Dengan adanya fakta tersebut, seharunya hujan es tidak terjadi di kawasan tropis karena atmosfer dikawasan ini diketahui cenderung hangat dengan ketinggian yang jauh lebih tinggi. Disamping itu, hujan es tidak mungkin terjadi karena titik beku di atmosfer wilayah tropis terbilang hangat.

Akan tetapi, ada kemungkinan kalau hujan es akan terjadi di wilayah tropis, namun hanya terjadi di daerah dengan ketinggian seperti di Megelang. Pasalnya jarak awan yang mengalami pembekuan itu cukup dekat dengan bumi.

BACA JUGA : Siapkan Diri Sambut Gerhana Bulan Total, Blue Moon Pertama Setelah 150 Tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here