Wilder Penfield, Sosok yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!

    0
    385
    Wilder Penfield
    Copyright ©GETTY

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Wilder Penfield

    Indowarta.com – Google kembali menampilkan doodle yang menggambarkan seorang tokoh ternama dunia di laman utama pencariannya hari ini, Jumat (26/1/18). Saat ini, Google menunjukkan sebuah ilustrasi yang ketika di klik akan memperlihatkan sosok tua dengan ilustrasi mata, otak, hidung sedang melihat ke arah sebuah roti.

    BACA JUGA : Penjelasan Ilmiah Soal Hujan Es di Magelang!

    Jika kursor diarahkan diatas doodle itu, maka yang akan muncul adalah sebuah tulisan untuk memperingati hari ulang tahun Wilder Penfield yang ke-127. Lalu siapakah dia yang menjadi tema doodle hari ini?

    Wilder Penfield merupakan seorang ahli bedah saraf dengan kemampuan yang dimiliki sangat luar biasa. Bahkan di Kanada dia mendapatkan julukan sebagai “orang Kanada Paling hebat” karena beberapa prestasinya.

    Dia merupakan seorang yang terkenal brilian, karena sudah melakukan pengembangan pada perawatan dengan nama Montreal Procedure (Prosedur Montreal). Pengembangan itu, dilakukan Wilder Penfield bersama dengan rekannya, Herbert Jasper pada 1950.

    Google
    Copyright ©Google

    Diketahui bahwa Montreal Produre merupakan sebuah perawatan kepada pasien yang sedang mengalami kejang otak, dengan melakukan penghancuran pada bagian saraf yang tidak normal serta menariknya menggunakan alat aliran listrik ketika pasiennya dalam kondisi sadar.

    BACA JUGA: Virginia Woolf Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    Selang beberapa waktu kemudian, eksperimen Wilder Penfield semakin dikenal, dimana pada saat itu dia berhasil memetakan korteks sensorik dan motorik otak. Tidak hanya itu, dia juga menemukan kalau bagian fisik otak dapat distimulasi untuk memunculkan sebuah kenangan, sama halnya teringat bau roti bakar.

    Dengan adanya temuan Wilder Penfield ini, negara Kanada dinilai menjadi salah satu negara paling maju  setelah adanya perang pada bidang ilmu saraf dan perawatan kesehatan, terutama kepada beberapa orang yang menderita epilepsi.

    Dari beberapa karya yang sudah ditemukan oleh Wilder Penfield ini, banyak pihak yang sudah mengerti mengenai sejumlah fenomena yang salah satunya adalah halusinasi, deja vu, dan ilusi. Sebenarnya, dia lahir di Spokane, Washington, Amerika Serikat.

    Kemudian tubuh besar di Hudson, Wisconsin, setelah itu menjalani pendidikan di Princeton. Sebelum akhirnya Wilder Penfield mendapatkan beasiswa kuliah di Merton College, Oxford, pada 1915 untuk mempelajari mengenai neuropatologi.

    BACA JUGA : Formasi CPNS 2018 Akan Segera Diputuskan!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here