Jokowi Jadi Kunci Elektabilitas PDIP Pada Pilpres 2019 Nanti!

0
3905
Jokowi
Copyright ©suratkabar

Kunci Elektabilitas PDIP Ada di Jokowo Dalam Pilpres 2019 Mendatang

Indowarta.com – Lembaga survei Saiful Mujani Reserch Consulting (SMRC) menyatakan bahwa tingkat keterpilihnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pilpres 2019 mendatang mengalami kenaikan, hal ini jika dibandingkan dengan Pilpres 2014.

BACA JUGA : Lima Partai di DPR yang Terancam Tak Punya Kursi Lagi!

Dalam survei yang dilakukan oleh SMRC per Desember 2017 dukungan kepada PDIP mencapai 27,6 persen. “Elektabilitasnya melebihi hasil Pemilu 2014,” kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan, Kamis (25/1/18).

Terkait kenaikan elektabilitas PDIP dikarenakan Presiden Jokowi yang memiliki sisi positif dalam persepsi di masyarakat. Selama presepsi masyarakat terhadap Presiden Jokowi positif, elektabilitas PDIP akan baik,” pungkasnya.

WAJIB BACA :  Mahfud Jadi Cawapres, Jokowi Disebut Bakal Lebih Mudah Satukan Umat !

Djayadi menilai, baik itu merupakan pendukung PDIP atau tidak, namun elektabilitas tersebut tergantung dari kinerja yang sudah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi. Dalam survei yang melibatkan responden sebanyak 1220 orang ini, kata dia, menunjukkan bahwa publik merasa puas dengan kinerja selama pemerintahan Jokowi.

Disamping itu elektabilitas partai juga masih dapat mengalami kenaikan dalam tahun Pilkada kali ini. Sedangkan untuk sejumlah partai politik yang mempunyai elektabilitas kurang aman sekarang ini, menurutnya, masih belum dapat menjadi sebuah patokan.

Jokowi (1)
Copyright ©Ist

Untuk partai yang memiliki elektabilitas kurang dari 4 persen, seperti Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih berpeluang untuk dapat menaikkan elektabilitasnya. Ditambah, kata Djayadi, sekarang ini merupakan tahun untuk pemilihan kepala daerah yang merupakan waktu untuk partai politik bergerak menaikkan elektabilitas mereka.

WAJIB BACA :  Jokowi Beri Nama Nurtanio Pada Pesawat N219!

BACA JUGA : Hari Ini, Golkar Umumkan Kepengurusan Baru!

“Sekarang, mesin partai politik belum bergerak,” pungkas Djayadi.

Hasil survei yang dilakukan oleh SMRC sama dengan hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Dalam survei LSI pada April 2014 hingga Januari 2018 menyatakan bahwa tingkat elektabilitas PDIP dan Partai Golkar cenderung mengelami kenaikan dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Pemilih PDIP dan Golkar relatif sama yakni pemilih menengah ke bawah.”  Kata Pendiri LSI Denny JA, dalam rilisnya pada Rabu (24/1/18).

Dalam survei tersebut elektabilitas yang diperoleh PDIP mencapai 18,95 persen dari 1200 responden di bulan April 2014 dan mengalami kenaikan sebesar 3,25 persen sehingga menjadi 22,2 persen di Januari 2018. Sedangkan untuk Partai Golkar mendapatkan elektabilitas 14,75 persen responden di April 2014, dan pada Januari 2018 mengalami kenaikan menjadi 15,5 persen.

BACA JUGA : PDIP Hujani Kritik Di 100 Hari Kepemimpinan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here