Waspadai Resiko Gerhana Bulan ‘Super Blue Blood Moon’!

0
689
Copyright ©Pikiran Rakyat

Disamping Keindahannya, Fenomena Gerhana Bulan Perlu Diwaspadai

Indowarta.com – Fenomena alam langka yang memperlihatkan tiga peristiwa bulan yang akan berlangsung bersamaan pada Rabu (31/1/19). Tiga peristiwa itu adalah supermoon, bulan biru, serta gerhana bulan yang akan berlangsung dalam satu malam.

BACA JUGA : Waspada, Gerhana Bulan Picu Air Laut Pasang!

Berdasarkan anilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gerhana bulan kali ini akan berlangsung selama 5 jam 20,2 menit atau pada pukul 17.29 WIB hingga 23.09 WIB.

Dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kesempatan untuk dapat menyaksikan langsung gerhana bulan yang merupakan peristiwa langka, pasalnya fenomena alam tiga peristiwa itu terakhir terjadi pada 150 taun lalu.

WAJIB BACA :  5 Fakta Tentang Gerhana Bulan Super Blue blood Mood 31 Januari!

Disamping menampilkan keindahannya, gerhana bulan ini juga perlu diwaspadai. Terutama kepada sejumlah transportasi yang terdapat di pelabuhan dan pesisir, disamping itu juga akan mengganggu aktivitas pertanian.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, akibat dari posisi bumi yang satu garis dengan bulan dan matahari ini akan dapat menyebabkan gravitasi bulan dan matahari terintegrasi. Sehingga dengan ini akan membuat pasang air laut semakin tinggi saat gerhana bulan.

Gerhana Bulan
Copyright ©elshinta

“Pasang air laut mencapai 1,5 meter, meski juga dapat terjadi air laut surut 100 sampai 110 sentimeter pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018,” ungkap Dwikorita di kompleks gedung BMKG, Jakarta, Senin (29/1/18).

BACA JUGA : Menag Ajak Umat Islam Laksanakan Shalat Gerhana Bulan Besok!

Adanya perubahan pasang air laut itu akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia saat gerhana bulan terjadi, diantaranya utara Jawa Timur, utara Jawa Tengah, utara Jakarta, Sumatera Barat, selatan Lampung, Kalimantan Barat, dan Sumatera Utara.

WAJIB BACA :  Tips Mengambil Foto Gerhana Bulan 'Super Blue Blood Moon' Makin Keren!

“Kami minta untuk diwaspadai karena fenomena super blue blood moon dapat mengganggu transportasi akibat adanya rob atau pasang maksimum, dan juga dapat mengganggu aktivitas petani garam, perikanan darat, serta kegitan bongkar muat di pelabuhan,” kata Dwikorita.

Disamping itu, BMKG juga memperkirakan cuaca yang terjadi saat gerhana bulan, yaitu adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang akan terjadi pada Senin (29/1/18) sampai Sabtu (3/2/18) di 21 Provinsi yang ada di Indonesia. Cuaca tersebut disebabkan karena adanya perbedaan derajat udara yang ada di darat Asia dan Australia.

BACA JUGA : Tata Cara Shalat Gerhana Bulan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here