Tersangkut Skandal Korupsi, Zumi Zola Dicegah Ke Luar Negeri!

0
1154
Zumi Zola
Copyright©tribunnews

KPK Keluarga Surat Pencegahan Kepada Zumi Zola

Indowarta.com – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mendapatkan surat pencegahan kepada Gubernur Jambi Zumi Zola. Terkait dengan surat tersebut telah dilayangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA : KPK Kantongi Kronologis Setya Novanto Tabrak Tiang Listrik!

“Tanggal 25 Januari 2018, Ditjen Imigrasi menerima surat keputusan KPK tentang pencegahan berpergian ke luar negeri atas nama Zumi Zola Zulkifli, pekerjaan Gubernur Jambi 2016-2021,” kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, Rabu (31/1/18).

Meski begitu, Agung enggan menjelaskan mengenai status hukum Zumi Zola saat ini. Akan tetapi, dia menyebutkan bahwa dikeluarkannya surat pencegahan oleh KPK ini untuk kepentingan penyidikan mengenai kasus dugaan suap pengesahan anggaran APBD Pemprov Jambi 2018.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: KPK Siap Buktikan Konsorsium Persekongkolan Kasus E KTP!

“Alasan pencegahan adalah karena keberadaan beliau diperlukan terkait penyidikan kasus korupsi menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi,” ujar Agung.

Setelah KPK melayangkan surat kepada pihak imigrasi, kata Agung, masa pencegahan kepada gubernur Jambi itu akan dilakukan hingga enam bulan kedepan. Pada hari ini, penyidik KPK sedang melakukan penggeledahan di rumah dinas Zumi Zola.

kantor KPK
Copyright©KPK

Disamping itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan kalau pihaknya sudah meningkatkan penyelidikan mengenai adanya dugaan kasus suap pengesahan anggaran APBD Pemprov Jambi pada tingkat penyidikan.

BACA JUGA : Ditetakan Jadi Tersangka, Fredrich Yunadi Minta Boikot KPK!

Dia menjelaskan, bahwa penggeledahan akan dilakukan jika saja sebuah kasus sudah masuk pada tingkat penyidikan. Sedangkan pada tingkat penyidikan sendiri, KPK sudah mengantongi nama tersangka yang tersangkut dalam kasus yang sedang ditangani.

WAJIB BACA :  Setya Novanto Hilang, Pengacara Sebut Bukan Pengecut, Cuma. . .

“Kalau sudah sampai geledah sudah di tahap apa, (penyidikan) ya, sudah kamu jawab itu,” tutur Saut di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/18).

Meski begitu, Saut enggan menyebutkan bahwa tersangka dalam kasus itu merupakan Zumi Zola. Pasalnya status tersangka akan diberitahukan setelah penyidikan ini sudah diumumkan oleh KPK dalam kurun beberapa hari kedepan.

“Hasil resminya segera kami umumkan beberapa hari ke depan. Sabar, kan, ada SOP,” kata Saut.

Dia mengatakan, ada perkembangan yang cukup signifikan dalam kasus ini. Adanya keterlibatan pihak lain nantinya akan diumumkan pada beberapa hari kedepan bersamaan dengan penetapan status tersangka.

BACA JUGA : Bambang Soesatyo Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus E-KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here