Benjolan di Ketiak Bisa Jadi Gejala Kanker Lho!

0
979
Benjolan pada Ketiak
Copyright ©Shutterstock

Salah Satu Gejala Kanker Adalah Benjolan di Bagian Ketiak

Indowarta.com – Pastinya banyak orang risau akan penyabab dari benjolan yang tidak normal ada pada tubuh mereka. Dan salah satu yang sering terjadi adalah munculnya benjolan tidak normal yang terdapat pada ketiak seseorang.

BACA JUGA : 4 Kebiasaan yang Buat Wanita Terkena Kanker!

Bahkan kemunculan adanya benjolan ini tedapat di bagian sisi kiri atau kanan ketiak, bukan tidak mungkin kalau kedua ketiak juga terdapat benjolan. Biasanya benjolan tersebut tidak akan terasa sakit, akan tetapi dari beberapa kasus yang terjadi, benjolan tersebut akan terasa sakit pada saat dipegang.

Perlu diperhatikan pada wanita, jika terdapat benjolan pada ketiak baik sisi kanan atau kiri ataupun kedua maka ini merupakan salah satu tanda dari kanker payudara. Sehingga perlu untuk anda ketahui mengenai benjolan pada ketiak.

Benjolan pada Ketiak,
Copyright ©mediskus

Benjolan yang terdapat pada ketiak yang terasa sakit kemungkinan dapat diakibatkan kerena terinfeksi, seperti setelah mendapatkan cakaran atau gigitan kucing, akibat dari gigitan ular, infeksi karena demam kelinci, atau beberapa diantaranya.

BACA JUGA : Awas, ,5 Pekerjaan Ini Ancam Kesehatan Reproduksi Pria Lho!

Sedangkan penyebab benjolan pada ketiak yang tidak terasa sakit mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan benjolan itu muncul:

  1. Limpoma, merupakan tumor jinak yang tersusun hingga membentuk bejolan, untuk mengatasinya biasanya dilakukan sedot lemak, operasi dan lainnya.
  2. Kista epidermoid, biasanya mucul berbentuk seperti kacang atau kelereng dengan memiliki celah yang sering kali mengeluarkan material putih berminyak. Sedangkan bintik hitam pada benjolan ini merupakan ciri khas pada kista.

Disamping itu, pada umumnya benjolan yang terdapat pada ketiak dan menimbulkan rasa sakit, maka itu diakibatkan oleh sejumlah jenis kanker. Entah itu dikarenakan berasal dari kelenjar getah bening pada ketiak atau yang lainnya.

Benjolan ini bisanya tidak hanya dialami wanita, namun juga pria. Jika anda mengalami benjolan pada ketiak dan keluarga anda memiliki riwayat kanker payudara lebih baik segera memeriksakan ke dokter.

Karena masalah kanker jenis itu merupakan masalah yang sangat serius, masalah kesehatan itu sudah mempengaruhi jutaan orang pada tiap tahunnya, sehingga tidak dapat dianggap enteng. Oleh karena itu segera pastikan ke dokter jika terdapat benjolan pada ketiak yang terasa sakit.

BACA JUGA : Tak Hanya Wanita, HPV Penyebab Kanker Serviks Juga Bisa Serang Pria Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here