Jalur Puncak Ditutup Total Karena 4 Titik Longsor Ini!

0
317
Jalur Puncak Bogor
Copyright ©viva

Akibat Longsor, Jalur Puncak Ditutup Sementara Waktu

Indowarta.com – Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, telah tejadi longsor pada Senin (5/2/18), kejadian ini terjadi setelah adanya hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Akibat dari kejadian ini, ada empat titik longsor yang membuat jalur menuju ke Bandung, Cianjur, dan sekitarnya harus dilakukan penutupan total.

BACA JUGA : Bentrok Antar Pemuda di Ambon, Polisi Lepaskan Gas Air Mata!

“Empat titik longsor, yaitu di sekitar Masjid At-Ta’awun, Widuri, Grand Hill, dan Riung Gunung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (5/2/18).

Adanya pemberlakuan jalur puncak ditutup ini karena longsor telah menyababkan jalan tidak bisa dilintasi, pasalnya longsor sudah menutup jalan dan terdapat beberapa tiang listrik yang roboh serta pohon tumbang.

Sampai sekarang ini masih belum adanya laporan resmi mengenai korban longsor. Saat ini BPBD Kabupaten Bogor masih melakukan verifikasi mengenai adanya informasi korban tanah longsor setelah jalur Puncak ditutup.

Jalur Puncak Longsor
Copyright ©Istimewa

Untuk sekarang ini, ujar Sutopo, ada sejumlah jalur puncak ditutup setelah kejadin ini, salah satunya adalah dari Jakarta menuju Puncak. “Mulai pukul 09.15 WIb, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi dan penanganan longsor di 4 titik longsor tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA : Pertemuan Sandiaga Uno Dengan Sopir Angkot Membuahkan Kesepakatan

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, untuk sementara waktu para pengendara yang akan menuju ke Cianjur akan di alihkan ke jalur Sukabumi, lantaran jalur Puncak ditutup total setelah adanya longsor. Sedangkan dari Cianjur nantinya akan diarahkan melalui Jongkol.

“Mulai pukul 09.20, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi longsor,” kata Hasby.

Di menyebutkan bahwa dua lokasi yang sudah terjadi tanah longsor, dan longsoran itu sudah menutup jalur utama Puncak. Untuk titik lainnya yang menyababkan sebagian jalan ambles karena tergerus oleh longsor.

Sampai saat ini, jalur Puncak ditutup sementara waktu. Petugas dari sejumlah instansi baik itu TNI atau Polri masih belum dapat membersihkan titik lokasi longsor itu, pasalnya kondisi hujan yang masih mengguyur kawan itu.

“Kami upayakan hari ini segera dilakukan pembersihan material longsor, agar jalur segera bisa dilintasi,” pungkas dia.

BACA JUGA : Kena Sentil Jokowi, BEM UI Langsung Galang Donasi Untuk Asmat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here