Sandiaga Uno Beri Sinyal Untuk Lanjutkan Normalisasi Sungai!

0
918
Sandiaga Uno (1)
Copyright ©kumparan

Normalisasi Sungai Kemungkinan Akan Dilanjutkan Kembali Oleh Sandiaga Uno

Indowarta.com – Banjir yang terjadi di wilayah Jakarta dikarenakan adanya curah hujan yang cukup tinggi dari daerah hulu. Walau begitu, langkah Pemerintah Provinsi (Pempro) DKI Jakarta untuk melakukan normalisasi terhadap sungai masih menjadi tanda tanya.

BACA JUGA : Ada Motif Dibalik Tersebarnya Pidato Kapolri Tito Karnavian?

Apakah normalisasi sungai ini akan dilanjutkan seperti apa yang sudah dikerjakan oleh pemerintah sebelumnya atau tidak. Seperti diketahui sebelumnya, adanya konsekuensi  dari normalisasi adalah warga-warga yang tinggal di sekitar bantaran kali. Tempat tinggal liar mereka mau tidak mau harus kena gusur.

Akan tetapi, apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Sandiaga Uno akan melaksanakan penggusuran itu? Jawaban mengenai petanyaan tersebut sudah tersirat dari langkah Sandiaga.

WAJIB BACA :  Sandiaga Uno Akan Dipanggil KPK Guna Lengkapi Proses Penyidikan!

Pasalnya pada Selasa (6/2/18), Sandiaga Uno telah mendatangi Kampung Arus, Cawang, Jakarta Timur, yang beberapa waktu ini tergenang banjir. Dia menceritakan bahwa warga yang tinggal disana menolak untuk dilakukan evakuasi.

Mereka beranggapan bahwa banjir yang tengah terjadi ini merupakan sebuah peristiwa yang biasa. Namun menurut Sandiaga Uno, adanya situasi ini justru akan membuat tantangan untuknya sekarang ini.

“Ini challenge buat kami, tantangan buat kami, bahwa buat yang merasakan, ya, mereka sudah biasa, tetapi kami, kan, inginnya hidup lebih baik lagi,” kata Sandiaga Uno.

sandiaga uno
Copyright©tribun

Walau ada yang menyatakan tidak setuju, namun masih ada beberapa warga yang menyetujui adanya program pemerintah. Sandiaga Uno memiliki rencana untuk melakukan pemasangan dinding turap atau sheetpile di sekitar kawasan Kampung Arus.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Kebutuhan Keluarga Sudah Terpenuhi, Sandiaga Uno Janji Sumbangkan Gaji Untuk Fakir Miskin!

BACA JUGA : Pertemuan Sandiaga Uno Dengan Sopir Angkot Membuahkan Kesepakatan

“Nah, di situ yang merupakan tantangan kami,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pembuatan sheetpile ini dapat dijalankan sesuai dengan normalisasi. Untuk sejumlah bangunan yang ada di bantaran sungai akan dibersihkan supaya normalisasi dapat dijalankan dengan baik. Pasalnya alat berat juga tidak dapat masuk jika masih terdapat bangunan di bibir sungai.

Menurut Sandiaga Uno, warga Kampung Arus sudah menyatakan sepakat untuk melepas lahan yang mereka gunakan untuk pemerintah. Sehingga dengan itu, pemerintah dapat mulai melakukan pembuatan sheetpile.

Namun untuk kawasan lainnya masih banyak warga yang tidak menyetujui adanya normalisasi. “Itu harus kami yakinkan bahwa mereka itu salah satu untuk memastikan bahwa programnya itu bisa berjalan. Kami ada program penataan, tetapi tentunya harus dapat dukungan dari warga,” pungkasnya

BACA JUGA : Diindikasi Korupsi, Polisi Panggil Ahok dan Anies Baswedan Soal Teluk Jakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here