Paula Modersohn-Becker Pelukis yang Gambar Tubuhnya Sendiri Hadir Di Google Doodle Hari Ini!

    0
    494
    Paula Modersohn-Becker
    Copyright ©Google

    Google Doodle Hari Ini Tampilkan Sosok Paula Modersohn-Becker

    Indowarta.com Google pada Kamis (8/2/18), menunjukkan doodle sosok Paula Modersohn-Becker. Dia merupakan seorang pelukis asal Jerman yang sudah dikenal banyak orang dengan lukisan dirinya sendiri tanpa mengenakan busana.

    BACA JUGA : SNMPTN – Pengisian& Verifikasi PDSS Ditutup 10 Februari!

    Terlihat dalam lukisannya dia berdiri disana tanpa busana di pinggang, seorang wanita dengan mata yang terlihat coklat besar. Rambut pirang terbelah tengah serta disapu menjadi sanggul. Seolah-olah telah melukiskan bayangannya di cermin.

    Lukisan itu merupakan salah satu dari protret dirinya yang terlihat sangat emosional. Bahkan dia membuatnya pada saat ulang tahun ke-6 pernikahannya dan satu tahun sebelum dia menghembuskan nafas terakhir.

    Dalam lukisannya itu, Paula Modersohn-Becker juga menuliskan sebuah tulisan warna hijau zaitun pada bagian bawah kanan kanvas. Dia menuliskan dalam lukisannya dengan inisial “PB”, untuk nama gadisnya Paula Becker.

    Dalam lukisan tersebut seperti menunjukkan bahwa Paula Modersohn-Becker sedang hamil, akan tetapi tidak sedang hamil dalam lukisan tersebut. Beberapa bulan sebelumnya, dia mangatakan masih belum berkeinginan untuk memiliki seorang anak, khususnya dengan suaminya, Otto Modersohn.

    Paula Modersohn-Becker
    Copyright ©Google

    Dari keterangan independent.co.uk, lukisan yang sudah dibuat pada tanggal 25 Mei 1906 itu adalah bentuk metafora dari dirinya sendiri yang merupakan seorang seniman muda. Dimana untuk pertama kalinya Paula Modersohn-Becker dapat membuat dan melukis secara bebas sesuai dengan apa yang dikehendakinya.

    BACA JUGA : Penampilan Syar’i Kamu Belum Lengkap Tanpa Kaos Kaki!

    Maksud lukisan sedang hamil itu bukan melahirkan anak, akan tetapi sebuah bentuk dirinya yang mandiri, dewasa, dan artistik. Sedangkan lukisan tanpa busana pada umumnya sudah disamarkan untuk menghindari adanya pandangan “buruk” para pria.

    Akan tetapi, dalam lukisan Paula Modersohn-Becker, dia ingin menunjukkan bahwa seorang wanita mampu untuk melindungi dirinya sendiri dari “perangkap” pernikahan. Menunjukkan seorang wanita yang tidak memerlukan seorang pria untuk mendampingi.

    Hingga pada akhirnya, dalam lukisan yang sudah dibuat oleh Paula Modersohn-Becker ini berdampak pada keseteraan hubungan antaran para pelukis pria dan wanita. Karena selama ini sejumlah wanita sudah menjadi objek dan model dalam sebuah lukisan yang dijual belikan, sebuah hal yang menjadi anggapan dari para pelukis pria saat itu.

    BACA JUGA : Begini Cara Mengetahui Delay Penerbangan di Google!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here