Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Untuk Wanita Lho!

0
423
Wanita Duduk
Copyright©Shutterstock

Jika Wanita Duduk Terlalu Lama Akan Menyababkan Resiko Kanker

Indowarta.com – Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa duduk terlalu lama dikaitkan dengan kematian lebih muda, terlebih untuk orang-orang yang memiliki banyak aktivitas fisik. Namun, berdasarkan studi baru menyatakan bahwa kebiasaan tersebut dapat meningkatkan resiko kanker pada wanita.

BACA JUGA : 10 Gejala Kanker yang Tak Boleh Diabaikan!

Para peneliti dari American Cancer Society yang melakukan studi ini menyatakan, bahwa wanita yang sudah duduk 6 jam atau lebih setiap harinya memiliki resiko kanker sebesar 10 persen jika dibandingkan dengan wanita yang hanya duduk tiga jam dalam satu hari.

“Waktu luang duduk yang lebih lama terkait dengan risiko yang lebih tinggi dari total risiko kanker pada wanita, dan secara spesifik pada multiple myeloma (kanker sel plasma) serta kanker payudara dan ovarium. Tetapi hal ini tidak terkait dengan risiko kanker pada pria, ” ujar dr. Alpa Patel, selaku pemimpin tim yang mengarahkan Cancer Prevention Study-3 di American Cancer Society.

Wanita Duduk,
Copyright©tribunnews

Seperti halnya yang sudah dilansir dari situs resmi American Cancer Society, dalam studi tersebut melibatkan 77.462 wanita dan 69.260 pria yang sudah menggabung dalam Studi Kelompok Gizi Pencegahan Kanker II American Cancer Society. Rata-rata wanita yang ikut dalam studi ini memiliki usia 15,8 tahun sedangkan pria berumur 13,2 tahun.

BACA JUGA : Tak Hanya Wanita, HPV Penyebab Kanker Serviks Juga Bisa Serang Pria Lho!

Dalam studi ini para peneliti membandingkan banyak jam yang dihabiskan para peserta untuk duduk dengan resiko kanker, dengan catatan tidak ada peserta yang sudah mengidap kanker saat studi akan dilakukan. Pada studi ditahun 1992 dan 2009, sudah ada 12,236 peserta wanita dan sebanyak 18,555 peserta pria yang didiagnosis memiliki kanker.

Untuk wanita yang sudah duduk lebih dari 6 jam saat waktu luang mengenai dengan 65 persen resiko lebih besar terkena multiple myeloma, resiko kanker ovarium sebesar 43 persen, 10 persen kanker payudara, dan 10 persen lainnya kanker diseluruh tubuh. Hal ini jika dibandingkan dengan wanita yang duduk hanya 3 jam dalam satu hari.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami perbedaan dalam hubungan antara pria dan wanita,” tulis Alpa Patel bersama rekannya.

BACA JUGA : Benjolan di Ketiak Bisa Jadi Gejala Kanker Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here