Racik Sendiri Yuk Obat Batuk Herbal yang Aman Dikonsumsi!

0
716
Batuk
Copyright©klikdokter

Ramuan Dari Tanaman Herbal Dapat Menyembuhkan Batuk

Indowarta.com – Saat kondisi polisi dan musim yang tidak menentu berpotensi besar menyebabkan masalah kesehatan pada seseorang. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah batuk, walau merupakan penyakit umum, namun hal itu sangat mengganggu.

BACA JUGA : Awas, 5 Kondisi Tangan Begini Menandakan Adanya Gangguan Kesehatan Loh!

Saat sedang batuk mengonsumsi obat mungkin adalah salah satu hal yang dianjurkan namun harus tetap pada resep dokter. Untuk lebih amannya, sejumlah bahan-bahan alami ini mungkin dapat menjadi obat batuk.

Dr Prapti Utami, Konsultan Herbal dari Sekar Utami Tanaman Obat Keluarga mengungkapkan, batuk memiliki beberapa jenis, sehingga tanaman yang digunakan juga berbeda. Misalnya tanaman untuk batuk berdahak dan kering jelas tidak sama.

“Kalau berdahak, kita menggunakan bawang merah yang ditumbuk satu siung. Lalu seduh dengan air panas 50 cc. Biarkan sebentar supaya hangat. Diberi garam sedikit, saring, minum saat mau tidur,” ujar Prapti dikutip dari Health Liputan6.com, Selasa (13/2/18).

Manfaat dari obat batuk tersebut adalah untuk ekspektoran atau meredakan berdahak. Sedangkan untuk masalah batuk kering, Prapti menyarankan menggunakan kadungan dari perasan blimbing sayur.

Batuk,
Copyright©

“Kemudian perasan jeruk nipis, kalau yang ini kan sudah umum,” sambungnya.

BACA JUGA : Obat Batuk Sirup Tak Benar-benar Sembuhkan Batuk?

Disamping itu, ada juga tiga kuntum bunga sepatu yang dapat digunakan untuk penyembuhannya. Caranya membuat obat batuk ini hanya ditumbuk sampai halus, ditambah air hangat, kemudian diperas airnya, diminum.

“Bisa juga pakai kencur. Kencur itu dimakan, dikunyah, lalu ditelan,” jelasnya.

Selain beberapa tanaman tersebut, ada beberapa bahan herbal lainnya yang berguna untuk mengobati batuk. Seperti cengkeh dan kapulaga, untuk pembuatan obat batuk ini harus ditembahkan dengan madu.

“Kalau ramuan yang lain sih bisa menggunakan kapulaga. Lima kapulaga, dengan dua atau tiga butir cengkeh, direbus dengan dua gelas air mendidih. Biarkan 15 menit, bisa tambahkan jahe sedikit. Untuk pemanisnya bisa tambahkan madu,” ujar Prapti.

Dia mengatakan, ada banyak jenis obat batuk yang dijual di apotek dan toko yang juga memiliki pengaruh untuk meredakan batuk. “Kalau itu disebut obat batuk herbal itu kan dalam komposisinya juga ada herbalnya,” ungkap Prapti.

“Isinya ada kapulaganya, ada cengkehnya pasti. Ada obat-obat atau rempah yang memang untuk mengurangi dahak, mengurangi radang, menekan batuk,” sambungnya.

BACA JUGA : Tips Merawat Kaki Agar Lebih Sehat dan Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here