4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Serviks!

0
820
Munculnya Ratusan Kasus Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Sleman
Copyright©hayatouki

Hindari Resiko Kanker Serviks Dengan Cara Ini!

Indowarta.com – Salah satu penyakit yang paling berbahaya adalah kanker, bagi wanita penyakit kenker serviks menjadi salah satu penyakit pembunuh, hal ini karena pederita tidak akan merasakan gejala jika timbulnya masalah kesehatan ini.

BACA JUGA : Tak Hanya Wanita, HPV Penyebab Kanker Serviks Juga Bisa Serang Pria Lho!

Sebagian besar penderitanya baru mengetahui bahwa mereka mengidam penyakit kanker serviks setelah masuk pada stadium lanjut. Jika dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, penderita kanker ini memiliki harapan hidup yang paling rendah.

Oleh sebab itu, kepada wanita perlu untuk mewaspadai penyakit kanker ini, pasalnya kanker serviks tidak hanya diderita oleh golongan tertentu, namun penyakit ini akan menyerang setiap wanita tanpa memandang usia.

Khususnya kepada wanita yang sering melakukan hubungan bercinta dengan bergonta-ganti pasangan, tanpa mengenakan alat kontrasepsi. Timbulnya penyakit ini karena adanya human papillomavirus (HPV). Ini merupakan sejumlah virus yang sudah menyerang epitel dan membran mukosa yang berada di daerah intim wanita.

Oleh sebab itu, perlu adanya kewaspadaan terhadap penyakit ini. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu untuk terhindar dari kanker serviks, seperti dikutip dari Eva.vn.

  1. Hindari hubungan seks diusia dini

Infeksi HPV yang sudah ditularkan dengan cara melakukan hubungan layaknya suami istri adalah salah satu penyebab umum kanker serviks. Oleh karena itu, jika hal ini dilakukan sejak usia dini maka akan lebih beresiko terkena infeksi virus HPV. Sebaiknya anda harus menghindari melakukan hubungan dini atau melakukan pernikahan sangat dini.

Ilustrasi Kanker
Copyrigth ©liputan6
  1. Pemeriksaan ginekologis secara periodic

Pemeriksan ini harus rutin dilakukan untuk dapat mendeteksi dan mengobati adanya infeksi dini yang berada di saluran genital, khususnya untuk tanda awal kanker serviks.

  1. Vaksi HPV

Selain disebabkan karena berhubungan, virus HPV juga dapat menular melalui jarum suntik yang digunakan secara bersamaan. Wanita yang usianya sudah beranjak 18 sampai 26 tahun sebaiknya rutin melakukan vaksinisasi HPV.

  1. Pastikan asupan sehat

Dengan rajin mengonsumsi makanan sehat, akan dapat mengkontribusi kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap resiko kanker serviks. Wanita perlu untuk mengonsumsi makanan sehat, khususnya yang menganding vitamin A, E, dan C.

BACA JUGA : Racik Sendiri Yuk Obat Batuk Herbal yang Aman Dikonsumsi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here