Catat Ketentuan Daftar SNMPTN 2018!

    0
    400
    SNMPTN
    Copyrigth©dikti

    Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pendaftaran SNMPTN 2018

    Indowarta.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (21/2/18). Para siswa yang berkesempatan mengikuti seleksi jalur ini dapat langsung melakukan pendaftaran.

    BACA JUGA : Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka Hari Ini, 1,1 Juta Siswa Bisa Melakukan Pendaftaran!

    Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018 Ravik Karsidi mengatakan, akan dilakukan peningkatan jumlah peserta SNMPTN 2018 dari tahun sebelumnya. Sebelumnya sekolah yang mengikut SNMPTN 2017 mencapai 14.397 dengan siswa sebanyak 13.854. Sedangkan perguruan tinggi negeri yang akan membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur ini berjumlah 86.

    “Tahun ini akan lebih ekstensif. Diperkirakan, jumlah pendaftar tidak kurang dari 800 ribu siswa,” ujar Ravik Karsidi.

    Berikut beberapa jadwal program SNMPTN 2018:

    • Pengisian dan verifikasi PDSS dilakukan pada 13 Januari-10 Februari
    • Pendaftaran mulai dibuka tanggal 21 Februari-6 Maret
    • Proses seleksi dilakukan tanggal 14 Maret-14 April
    • Pengumuman hasil seleksi diumumkan pada 17 April 2018
    • Pendaftaran ulang peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2018 di perguruan tinggi negeri yang dipilih, dilakukan pada tanggal 8 Mei 2018. Pendaftaran ulang itu dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis jalur SBMPTN.
    SNMPTN
    Copyrigth©Surya

    Berdasarkan keterangan yang sudah disebutkan dalam situs resmi SNMPTN 2018. Peserta dapat memilih maksimal dua perguruan tinggi negeri (PTN). Jika memilih dua PTN, salah satunya harus berada satu provinsi dengan sekolah asal.

    Namun jika peserta hanya memilih satu PTN saja, maka lokasinya dapat dipilih dimana saja. Selain itu, peserta nantinya paling banyak akan dapat memilih tiga program studi, dengan ketentuan bahwa maksimal satu PTN dua prodi.

    Untuk urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas dari pendaftar. Sehingga dengan itu, peserta akan diseleksi pada PTN urutan yang pertama berdasarkan pada program studi yang sudah dipilih.

    Pendaftar dapat memilih program studi di dua PTN, jika tidak lolos pada PTN pertama maka akan dilakukan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan dengan urutan prodi serta adanya daya tampung melalui jalur SNMPTN 2018 ini.

    BACA JUGA : Harus Lebih Cerdas Saat Memilih Prodi Ketika SNMPTN!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here