Pencarian Korban Longsor di Brebes Masih Terus Diupayakan!

0
266
Longsor Di Brebes (1)
Copyright ©BNPB

Basarnas Fokus Pada 4 Titik pada Lokasi Longsor di Brebes Untuk Melakukan Pencarian Korban

Indowarta.com – Petugas dari Basarnas yang dibantu sejumlah warga setempat masih melakukan pencarian kepada korban longsor di Desa Pasirpanjang, Brebes. Pihaknya petugas menbatakan bahwa pencarian kali ini akan berfokus pada 4 titik.

BACA JUGA : Kronologi Ambrolnya Tiang Proyek Tol Becakayu!

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin menjelaskan, ada empat titik yang akan menjadi fokus utama untuk melakukan pencarian para korban longsor di Brebes ini, empat titik tersebut adalah lokasi ditemukannya korban yang masih dalam kondisi hidup.

“Di situ kan kemungkinan akan ditemukan banyak korban lain, kita akan kerahkan relawan di titik itu,” ujar Noer Isrodin di lokasi Desa Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, Kamis (23/2/18).

Setelah itu, titik berikutnya adalah lokasi dimana ditemukannya korban dalam kondisi meninggal dunia. Untuk titik lainnya yaitu berada di sekitar daerah akhir longsoran yang diketahui berada di dekat sungai.

“Kita berasumsi korban turun ke bawah dan di situ kita akan disisir dari bawah ke atas untuk mencari korban,” kata dia.

Longsor Di Brebes.
Copyright ©Metrotvnews

Untuk titik terakhir dalam pencarian korban longsor di Brebes ini akan dilakukan petugas di jalan provinsi. Pasalnya dimungkinkan juga ada korban yang masih berada di sekitar lokasi tersebut usai terjadi bencana itu.

BACA JUGA : Setelah 13 Jam, Korban Longsor di Soekarno Hatta Akhirnya Berhasil Dievakuasi!

“Kita fokus di empat titik itu dulu. Perkembangan nanti bila jumlah resources ternyata banyak, maka zona pencarian akan ditambah menjadi lebih luas,” paparnya.

Untuk melakukan pencarian korban di empat titik tersebut akan melibatkan 535 petugas. Mereka yang berasal dari elemen masyarakat nantinya akan dibagi untuk melakukan pencarian korban longsor Brebes.

Sejak kejadian tanah longsor yang terjadi pada Selasa (22/2/18) kemarin, pihak PLN memutuskan untuk memadamkan jaringan listrik yang mengarah pada lokasi longsor di Brebes itu. Langkah ini dilakukan demi untuk keamanan akibat peristiwa tersebut.

Pemadaman dilakukan oleh pihak PLN usai menerima sejumlah saran dari beberapa pihak demi keamanan. Disamping itu, hujan yang juga masih mengguyur kawasan tersebut. Dengan cara melakukan pemadaman ini paling tindak untuk menghindari danya korban dalam peristiwa ini.

“Karena kondisi yang masih rawan ini, bisa saja terjadi longsor lagi. Sehingga aman bagi warga bila terjadi kerusakan akibat bencana susulan,” kata Aulia Fitri Ananda, Menager PLN Bumiayu, Kamis (22/2/18).

BACA JUGA : Dahsyatnya Letusan Gunung Sinabung, 3 Wilayah di Aceh Tertimbun Abu Vulkanik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here