Berburu Tiket Langsung Buat Long Weekend ke Jogja Itu Berat? Naik Kereta Lanjutan Aja Ya

    0
    425
    youtube.com user penebarhikmah kereta
    sumber:youtube.com/user/penebarhikmah

    Rindu itu berat, kamu nggak akan kuat biar aku saja (Pidibaiq, Dilan 1990).

    Begitu juga dengan rasa kangen ke Jogja. Itu berat, kamu nggak akan kuat. Main saja ke sana biar kangennya hilang. Nah, biar puas main Jogjanya dan kangennya sudah nggak lagi terasa berat, ambil liburan long weekend saja. Karena menikmati kota ini, memang nggak cukup hanya dengan satu atau dua hari.

    Belum punya jadwal liburan long weekend? Nih, bocorannya buat kamu…

    Jumat, 30 Maret: Wafat Isa Al Masih

    Jumat, 1 Juni: Hari Lahir Pancasila

    Jumat, 17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

    Senin-Selasa ,24,25 Desember: Hari Raya Natal

    Lumayan kan, ada beberapa momen yang bisa kamu pilih buat menjelajah Kota Jogja yang memang selalu ngangenin. Tapi, biasanya tiket buat momen-momen libur panjang begini selalu habis jauh sebelum hari H. Jadi kamu harus siap-siap berburu mulai sekarang di Traveloka biar nggak kehabisan.

    Tapi, kalau kamu sudah kehabisan tiket incaran kereta api yang langsung menuju ke Jogja, nggak usah cemas. Karena sekarang di Traveloka ada tiket kereta lanjutan yang bisa membawa kamu ke Bandung dari berbagai kota di Indonesia.

    Apa itu Kereta Lanjutan?

    Kereta lanjutan adalah pilihan perjalanan yang memungkinkan kamu menuju sebuah lokasi meski tidak ada rute langsung ke sana. Caranya, kamu bakal naik dua kereta yang berbeda dan transit di stasiun tertentu untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.

    Misalnya nih, kamu naik kereta dari Banyuwangi ke Jogja yang tidak memiliki jadwal kereta langsung. Dengan kereta lanjutan, kamu bisa melakukan perjalanan dengan satu kali pembelian tiket di Traveloka.com menggunakan sistem kereta lanjutan.

    Selain itu, naik kereta lanjutan juga bisa jadi alternatif kalau kamu kehabisan tiket kereta langsung. Misalnya dari Jakarta  ke Jogja yang biasanya bisa ditempuh dengan kereta Sancaka. Kalau kamu kehabisan kereta Sancaka yang langsung, pilih saja kereta lanjutan yang bakal transit di Jogja.

    Dengan kereta lanjutan, rute yang bakal kamu tempuh untuk Malang – Jogja, berubah menjadi Malang – Bandung – Jogja, dengan waktu transit yang lumayan buat keliling di Bandung. Jadi, selain dapat tiket ke Jogja, kamu juga dapat bonus bisa lihat-lihat Bandung dan makan banyak menu lezat di sana sambil menunggu kereta lanjutan berangkat ke Kota Gudeg.

    Spot Baru Liburan di Bandung

    Rata-rata, kereta Jakarta – Jogja transit selama 7 jam di Bandung. Jeda waktu sepanjang itu, lumayan cukup buat mengeksplore Bandung yang juga lagi ngehits.

    Gara-gara film Dilan 1990, beberapa tempat di Bandung yang biasanya nggak dilirik wisatawan, jadi jujugan yang liburan ke sana. Salah satunya adalah kawasan Buah Batu yang jadi tempat pertemuan Dilan dan Milea. Nggak sedikit juga yang penasaran dengan beberapa tulisan manis di tembok-tembok jalanan Bandung yang merupakan karya Pidibaiq, penulis novel Dilan. Sekarang, tulisan-tulisan ini jadi semakin ngehits, dan nggak jarang jadi latar foto buat bukti kalau beneran sudah ke Bandung.

    Makan ala Milea dan Dilan

    Selain kawasan Buah Batu, yang juga lagi banyak dicari gara-gara Dilan adalah Bakso Akung. Mungkin kamu mau nyoba makan Mie Yamin yang sudah terkenal lezatnya? Atau makan kerupuk yang dibelah dua dan sisanya dibawa pulang seperti Milea?

    Jangan lupa mencicip batagor Bandung yang terkenal lezat seperti rekomendasi Nandan. Dan satu yang nggak boleh ketinggalan, makan siomay khas Bandung yang lezatnya tiada dua. Nggak akan hilang kangennya ke Bandung kalau tak mencicipi makanan di sana.

    Jadinya pas kan, bisa dapat kenangan manis seperti Dilan dan double romantis dengan suasana Jogja dimana kamu menghabisakan liburanmu.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here