Peta Kekuatan Jokowi Vs Prabowo Untuk Pilpres 2019!

0
1167
Jokowi
Copyright ©merdeka

Kemungkinan Persaingan Antara Jokowi dan Prabowo Dalam Pilpres 2014 Akan Terulang Kembali

Indowarta.com – Sekarang ini kekuatan dukungan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah bertambah sejak PDIP resmi mengusungnya sebagai Capres 2019 mendatang. Hal ini menjadikan PDIP sebagai partai kelima yang menyatakan dukungan kepada mantan gubernur DKI Jakarta itu.

BACA JUGA : Tak Ada Pembicaraan di PDIP Soal Prabowo!

“Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan, Ir Joko Widodo, Metal! Metal! Pasti Menang Total,” tegas Megawati seperti dalam akun Twitter PDI Perjuangan, Jumat (23/2/18).

Sebelum PDIP resmi mengusung Jokowi dalam Pilpres 2019, sudah ada empat patai politik yang mendeklarasikan dukungannya, yaitu Nasdem, PPP, Golkar, dan Hanura. Sedangkan untuk partai koalisi pemerintah yang lainnya, seperti PAN dan PKB sampai sekarang ini masih belum menyatakan dukungan  mereka.

WAJIB BACA :  Jokowi Tunda Rencana Pembentukan Densus Tipikor!
Jokowi dan Prabowo
Copyright ©Antara

Dengan adanya lima parpol yang sudah menyatakan dukungannya, Jokowi memiliki modal untuk maju dalam Pilpres 2019 sesuai dengan persyaratan yang tertuang dalam UU Pemilu, yaitu syarat presidential threshold (PT) atau syarat parpol/gabungan parpol hanya dapat mengusung capres jika mempunyai 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara sah nasuonal pada pemilu sebelumnya.

BACA JUGA : Kader PDIP Kaget Saat Megawati Deklarasikan Jokowi Sebagai Capres!

Selain Jokowi, capres lain yang digadang akan maju dalam Pilpres 2019 mendatang adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Dalam Pilpres mendatang PKS sudah memberikan sinyal kuat untuk bersedia berkoalisi kembali dengan Gerindra.

Sedangkan PAN yang sekarang ini partai koalisi pemerintah, diprediksi akan ikut bergabung dengan oposisi. Terlebih PAN juga sudah membuka pernyataan mengenai ‘Koalisi 212’ yang berdasarkan pada hasil undian nomor urut PAN di Pemilu 2019, yaitu 12 dan Gerindra 2.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Usai Berkunjung Ke Balikpapan, Presiden Jokowi Pamer Sandal Biru Ini Di FB dan Twitter, Siap Siap NgeHits !

Melihat dari Pilpre 2014 lalu, Gerindra berhasil meraih 11,81 persen suara, PAN mendapatkan 7,59 pesen suara, dan PKS mendapatan 6,79 persen suara. Jika memang ketiga parpol ini membentuk koalisi, maka Prabowo sudah memiliki jumlah dukungan sebanyak 26,19 persen.

Berdasarkan UU Pemilu, dengan jumlah tersebut maka Prabowo juga dapat maju untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pilpres 2019.  Nantinya jika Prabowo dan Jokowi sama-sama maju dalam Pilpres 2019, maka persaingan seperti Pilpres 2014 akan terbuka kembali.

BACA JUGA : Prabowo Mulai Turun Gunung Menjelang Pilpres 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here