Ketika Anies Baswedan Digugat Konsumen Pulau Reklamasi!

0
3711
Anies-sandi
Copyright ©jawapos

Sejumlah Konsumen Pulau Reklamasi Ajukan Gugatan Untuk Anies Baswedan Di Pengadilan

Indowarta.com – Enam konsumen pulau reklamasi telah mengajukan gugatan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Terkait dengan hal tersebut, Kepala Biro Hukum Pemerintah DKI Jakarta, Yayan Yuhanah membenarkan adanya gugatan tersebut yang telah diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

BACA JUGA : Bertambah, Ini Idenditas 7 Korban Tewas Tanah Longsor Brebes!

“Iya benar (digugat),” ungkap Yayan, Jumat (23/2/18).

Gugatan tersebut sebelumnya diketahui bahwa diajukan sejak tanggal 22 Januari 2018 lalu, dan sampai sekarang ini sudah memasuki sidang pertama. Meski begitu, Yayan menegaskan bahwa dirinya enggan untuk menghadiri sidang tersebut.

“Ya tidak (datang) aja. Kebijakan dari kami seperti itu,” kata dia.

Detail perkara berdasarkan http://sipp.pn-jakartautara.go.id, ada enam konsumen pulau reklamasi yang sudah menggugat Anies Baswedan, mereka adalah Endro Weliyan, Suradi Tamin, Yudarno, Agus Sugiarto Tamin, dan Stevaniys Wiliyan.

Proyek Reklamasi,
Copyright ©Antara

Masing-masing dari mereka sudah menyatakan bahwa telah mengeluarkan uang sebesar Rp 2,7 miliar hingga Rp 8,7 miliar. Jumlah uang tersebut digunakan untuk membeli unit Golf Island atau Pulau D yang terletak di pulau reklamasi.

BACA JUGA : Saat Alumni 212 Sebut Anies Baswedan Layaknya Kacang Lupa Sama Kulitnya!

Mereka kemudian mengajukan gugatan kepada PT Kapuk Naga Indah yang merupakan pihak pengembang serta Pemprov DKI Jakarta casy quo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk menggantikan sejumlah uang yang sudah mereka keluarkan dan ditambah dengan Rp 10 miliar kepada seluruh penggugat.

Sebelumnya, Anies Baswedan enggan menjelaskan terkait proses penghentian proyek reklamasi teluk Jakarta. Akan tetapi, saat ditanya kembali terkait dengan surat yang diajukannya kepada Kementerian ATR/BPN dengan tujuan untuk membatal HBG pulau reklamasi, dia hanya menegaskan bahwa keputusannya masih konsisten menolak reklamasi.

“Santai dulu, tenang-tenang. Anda jangan ragukan komitmen saya. Saya enggak menyalak, tapi bernyali,” tegas Anies saat di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/2/18).

Anies Baswedan sebelumnya juga menjelaskan, bahwa Kementerian Agraria dan Tatat Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat melakukan pembatalan setifikat hak guna bangunan (HBG) di pulau reklamasi yang sebelumnya sudah diterbitkan oleh pihak ketiga selaku pengembangya.

BACA JUGA : Amien Rais Puji Anies Baswedan Soal Reklamasi dan Sindir Menteri Jokowi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here