Mengenal Penyakit Hati NAFLD yang Merupakan Komplikasi dari Diabetes!

0
327
Cek gula Darah,
Copyright ©liputan6

Beberapa Penjelasan Mengenai Penyakit hati NAFLD

Indowarta.com – Untuk para penderita diabetes tidak semuanya akan mengalami sirosis hati. Meski diketahui bahwa peradangan yang ada di hati ini merupakan sebuah hal yang terjadi secara alami pada penderita penyakit tersebut, Namun masih dapat untuk dihambat.

BACA JUGA : Racik Sendiri Yuk Obat Batuk Herbal yang Aman Dikonsumsi!

Salah satu cara untuk menghambat terjadinya penyakit hati NAFLD ini adalah dengan melakukan kontrol kadar gula darah serutin mungkin. “Kadar gula darah harus tetap stabil dan biasanya distabilkan dengan obat. Salah satunya adalah obat yang menekan resistansi insulin,” kata dokter spesialis penyakit dalam, Dr. dr Em Yunir SpPD.

Sampai sekarang ini, kata dia, masih belum ada obat khusus untuk mengatasi penyakit hati NAFLD ini. “Yang harus diatasi adalah penyakit utamanya yaitu diabetes,” ujar dia.

Lalu bagaimana jika jika dalam peradangan hati sudah masuk dalam sirosis hati? Pada umumnya, sejumlah sel sehat yang terdapat di hati ini akan semakin lama semakin berkurang. Hal itu disebabkan karena adanya pengaruh dari metabolisme dalam tubuh manusia.

Cek gula Darah
Copyright ©sehat99

Jika sudah masuk dalam fase tersebut maka kondisi fisik dari penderita akan semakin mengalami penurunan. Disamping itu, penderita ini juga akan sering mengalami masalah kesehatan dan terkena infeksi.

BACA JUGA : Gusi Berdarah dan Gejala Diabetes yang Sering Sekali Diabaikan!

Karena kemampuan hati untuk menciptakan zat imunitas akan semakin berkurang. Akan tetapi, seluruh pasien dari sirosis hati masih akan terlihat hidup normal seperti layaknya orang-orang yang tidak memiliki masalah kesehatan.

Salah satu solusi untuk para pasien penyakit hati NAFLD ini adalah dengan cara melakukan traspalasi hati. Langkah ini dilakukan untuk para penderita yang sudah masuk dalam level lanjutan dan segera mendapatkan penanganan.

Untuk melakukan pecegahaan terjadi masalah kesehatan tersebut, melakukan pemeriksaan USG secara rutin juga menjadi salah satu langkah yang tepat. Sebelum adanya saran frekuensi pemeriksaan hati kepada penderita diabetes.

Em Yunir menganjurkan kepada para pesien untuk melakukan penapisan dalam kurun waktu 1-2 tahun sekali. Pada saat penampisan ini juga dapat di barengkan dengan pemeriksaan medis secara keseluruhan.

BACA JUGA : 4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Serviks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here