Cara Mengobati Ngantuk ketika Mengemudi!

0
334
Cara Mengobati Ngantuk
Copyright ©kursusmengemudisurabaya

Untuk Para Pengemudi Berikut Cara Mengatasai Ngantuk Karena Kelalahan

Indowarta.com – Salah satu aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi adalah mengemudi, bahkan hal ini juga cukup untuk menguras fisik seseorang. Sehingga dengan itu, memerlukan tubuh yang memang dalam kondisi fit agar terhindar dari beberapa hal yang tak diinginkan.

BACA JUGA : Cara Memutihkan Kulit Wajah Pria Secara Alami dan Cepat!

Pesan tersebut yang sudah disampaikan kepada seluruh sopir angkutan yang sedang menjalani pelatihan keselamatan pengemudi dan safety driving yang diselenggarakan di Lapangan Parkir Senayan, Jakarta, Minggu (25/2/18). Dalam kesempatan itu, mereka juga mendapatkan pengertian mengenai pentingnya istirahat setelah mengemudi selama tiga jam.

“Di materi tentang safety, istirahat setelah tiga jam perjalanan harus dilakukan. Tidak boleh terus dipaksakan,” ujar trainer asal Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Norman Syam.

Dia menilai setelah mengemudi selama tiga jam tubuh akan terasa lelah, dan pada saat kondisi itulah konsentrasi seseorang akan mulai pudar. Oleh sebab itu, sebaiknya seorang sopir melakukan istirahat minimal 20-30 menit, dan ini juga merupakan cara mengobati ngantuk.

Selain itu, hal itu bukan hanya berlaku untuk para sopir angkutan saja, akan tetapi cara mengobati ngantuk ini juga berlaku untuk sopir kendaraan umum, salah satunya adalah pengemudi kendaraan pribadi.

“Selama 20-30 menit harus istirahat total. Bisa juga digunakan untuk makan. Tapi jangan melakukan aktivitas apapun terlebih dahulu,” jelas Norman.

Cara Mengobati Ngantuk,
Copyright ©ELMUNDS

Dirinya menjelaskan bahwa kemampuan tubuh manusia untuk melakukan aktivitas memiliki batasan. Dia mencontohkan seperti halnya baterai yang juga perlu untuk di dilakukan pengisian pada saat sedang kosong.

BACA JUGA : Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Cepat!

Disamping itu, pihaknya juga menegaskan bahwa tidak ada cara mengobati ngantuk yang ampuh selain melakukan istirahat pada saat sedang mengemudi. Mungkin banyak orang menganggap bahwa mengonsumsi minuman kafein menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasinya. Namun, menurutnya itu hanya sebuah sugesti.

Pasalnya, kata Norman, bahwa itu juga tidak cukup ampuh untuk mengatasi kondisi tubuh yang sedang kelelahan. Dia manyarankan untuk para pengendara dan sopir angkutan cara mengobati ngantuk adalah dengan senam-senam kecil.

“Kalau ngantuk saat berkendara sebenarnya bisa berhenti sebentar dan keluar mobil untuk senam-senam kecil. Tapi kalau masih ngantuk juga, kuncinya memang cuma satu, istirahat. Walaupun cuma 10 menit tapi tidurnya lelap, itu bisa menyegarkan kembali tubuh,” paparnya.

BACA JUGA : Make Up Berisiko Tinggi Bikin Wanita Kena Kanker Kulit?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here