Bebas KKN, Seleksi CPNS Sekarang Sudah Berbeda!

    0
    615
    Formasi CPNS 2018
    Copyright ©bisnistempo

    Pemerintah Memastikan Bahwa Dalam Seleksi CPNS 2018 Akan Bebas Dari KKN

    Indowarta.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan bahwa untuk seluruh seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan dilakukan secara terbuka, dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

    BACA JUGA : Lowongan CPNS 2018, Jumlah Formasi yang Ditawarkan Jauh Lebih Banyak Ketimbang 2017!

    “Sejak 2013, proses seleksi CPNS sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sehingga sangat transparan,” kata Kepala Subbagian Pelayanan Informasi dan Pengaduan Internal Wasito, seperti dikutip pada laman resmi Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (27/2/18).

    Pihaknya menjelaskan, dengan penggunaan sistem CAT ini, maka pemerintah dapat memastikan kalau tidak akan ada kecurangan yang terjadi, serta kongkalikong yang dilakukan antara peserta seleksi CPNS dan pelaksana tes juga tidak akan terjadi.

    Dengan penggunaan sistem tersebut, ada banyak hal yang bermafaat yang akan didapatkan. Seperti halnya dalam seleksi CPNS ini akan berjalan lebih kompetitif, transparan, adil, objektif, dan bebas dari adanya KKN.

    “Peserta yang masuk ruangan mendapatkan soal yang berbeda-beda. Bahkan penunggu tes bisa melihat hasil tes secara real time,” jelas Wasito.

    seleksi cpns 2018
    Copyright©tempo

    Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh mahasiswa untuk mengubah pandangan mereka mengenai proses seleksi CPNS. Karena seleksi yang dijalankan sekarang ini sudah mengalami perubahan, dengan lebih transparan dan bebas dari KKN.

    BACA JUGA : 7 Pekerjaan Menjanjikan Ini Cukup Kamu Kerjakan di Rumah Lho!

    “Ayo diubah mindset-nya! Proses seleksi CPNS sudah tidak seperti dulu lagi,” ungkap dia.

    Melalui Kementerian PANRB, pemerintah masih menunggu adalah usulan kebutuhan CPNS 2018 pada setiap kementerian, lembaga, dan daerah. Hal ini terkait dengan adanya rencana penerimaan CPNS yang mencapai 250 ribu posisi di tahun ini.

    “Masih dalam proses pengusulan dari masing-masing kementerian, lembaga, dan daerah,” ungkap Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

    Disamping itu, dalam lowongan CPNS yang diselenggarakan pada tahun ini tidak akan ada posisi untuk tenaga kerja administrasi. Sehingga dengan itu sangat penting adanya validasi yang dilakukan oleh kementerian, lembaga, dan daerah.

    “Kemungkinan besar belum (tenaga administrasi), jadi pentingnya validasi seperti ini,” jelas Setiawan.

    BACA JUGA : Siapakah Nanti yang Bakal Menampung Dana Zakat 2.5% Dari Gaji PNS?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here