Inflasi Naik, PNS Minta Kenaikan Gaji!

0
748
Ilustrasi PNS
Copyright ©doniseo.abatasa

PNS Mengharapkan Gaji Pokok Mereka Mengalami Kenaikan Pada Tahun Depan

Indowarta.com – Untuk tahun depan, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengharapkan bahwa pemerintah dapat menaikkan besaran gaji pokok mereka. Pasalnya dalam kurun waktu tiga tahun ini, gaji mereka tidak pernah mengalami kenaikan.

BACA JUGA : Pendaftaran CPNS 2018 Diprioritaskan Untuk Sektor Kesehatan dan Pendidikan!

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, seluruh PNS sudah lama tidak menerima kenaikan besaran gaji pokok. Sedangkan untuk tiap tahunnya, inflasi terus terjadi kenaikan.

“Kenaikan gaji PNS sudah waktunya dilakukan. Sudah tiga tahunan kira-kira (tidak naik), itu gaji pokok,” kata dia, di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Adanya kenaikan inflasi sekarang ini tidak disejajarkan dengan kenaikan gaji pokok, sehingga dapat memberatkan para PNS. Disamping itu, tidak seluruh pengabdi negara ini mendapatkan tunjangan untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

“Kenaikan gaji PNS harus mempertimbangkan unsur inflasi. Itu harus selalu diperbaiki. Inflasi kan ada terus setiap tahun,” pungkasnya.

Zudan menilai bahwa kenaikan gaji pokok kepada para PNS ini tidak perlu besar. Akan tetapi kenaikan gaji tersebut harus disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup para PNS serta keluarga, biaya sekolah anak, biaya kesehatan, dan lain-lain.

PNS
Copyright ©liputan6

“Ya dicukupkan dengan kebutuhan hidup, biaya sekolah anak berapa, standar kesehatan, biaya kemahalan, inflasi,” papar dia.

BACA JUGA : Gaji PNS 2018 Belum Ada Rencana Naik, Tapi THR Akan Naik?

Sebelumnya, berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, adanya kenaikan gaji pokok para PNS ini akan dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan negara. Hal itu akan memandang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun mendatang.

“Nanti kita lihat di UU APBN,” kata dia pada 2 Maret 2018.

Dia mengatakan sekarang ini pemerintah sedang melakukan rancangan rencana kerja pemerintah (RKP). Hal ini dilakukan sebagai salah satu dasar dari adanya penyusunan APBN. ‎”RKP-nya sedang dibuat. Kerangka ekonomi makro sedang akan disidangkabinetkan. Jadi, saya belum komentar soal itu, ya,” jelasnya.

Terkait dengan ini, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan bahwa mekanisme kenaikan gaji PNS sudah diatur dalam internal pemerintah. “Mengenai hal itu, sudah ada mekanismenya di internal pemerintah,” ungkap dia.

BACA JUGA : Bebas KKN, Seleksi CPNS Sekarang Sudah Berbeda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here