Kalah Gugatan Dari Partai Bulan Bintang, Kinerja KPU Tak Beres?

0
1215
Partai Bulan Bintang
Copyright ©tribunnews

Partai Bulan Bintang Diputuskan Bawaslu Sudah Memenuhi Syarat Untuk Menjadi Peserta Pemilu

Indowarta.com – Keputusan dalam sidang adjudikasi Bawalu terhadap Partai Bulan Bintang (PBB) menyatakan bahwa partai tersebut masuk dalam syarat untuk mengikuti peserta Pemilu 2019. Bawaslu menganggap bahwa kepengurusan partai tersebut itu sudah memenuhi persyaratan.

BACA JUGA : JR Saragih Tak Lolos, Demokrat Kambing Hitamkan KPU!

Dalam sidang putusan yang dibacakan oleh Fritz Edward Siregar selaku komisioner Bawaslu, menjelaskan bahwa status kepengurusan, keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, sedangkan untuk kanggotaan dan domisili di Kabupaten Manukwari Selatan, Papua Barat serta verifikasi KPU yang berada di Kolaka Timur yang sudah sah.

“Kabupaten tersebut merupakan daerah otonomi baru dan verifikasi dilakukan sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK),” ujar Fritz.

Dalam sidang tersebut, Bawaslu sudah memutuskan untuk melakukan pembatalan pada keputusan KPU tertanggal 17/2/18 No 58/PL.01.1-KPTt/03/KPU/II 2018 tentang penetapan parpol peserta pemilu 2019. Dalam keputusan KPU itu menyatakan bahwa Partai Bulan Bintang ini tidak memenuhi persyaratan sebagai peserta Pemilu 2019.

“Memerintahkan kepada KPU untuk menetapkan PBB sebagai parpol peserta pemilu anggota DPR, DPRD provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2019,” ujar ketua Bawaslu Abhan.

KPU
Copyright©tstatic

Terkait dengan putusan Bawaslu pada Partai Bulan Bintang ini, KPU sendiri telah menanggapinya dengan santai. Pihaknya menyatakan bahwa sekarang ini sedang menunggu salinan dari keputusan Bawaslu dan akan mempelajari keputusan tersebut.

BACA JUGA : Bawaslu Akan Terima Aduan 7 Parpol Tak Lolos verifikasi KPU!

“(KPU) rapat sampai surat putusan itu, untuk pelajari beberapa hal apa yang ingin kita putuskan,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di KPU RI, Jalan Iman Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/3/18).

Sedangkan Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, dalam pengambilan keputusan kepada Partai Bulan Bintang tersebut, pihaknya sudah menjalankan aturan sesuai dengan prosedur. Namun bila ada kesalahan yang terjadi maka akan dilakukan koreksi.

“Tidak sepenuhnya itu ada kelemahan atau kesalahan di kita. Beberapa karena memang ada kelemahan, kami sudah melakukan dengan benar sesuai regulasi. Kami meyakini apa yang dilakukan semua sesuai prosedur,” kata Arief.

“Di sidang diputuskan berbeda semua harus belajar menerima itu, KPU belajar banyak menerima putusan, lakukan otokritik di mana kelemahan dan kesalahan itu fokus memperbaiki di titik mana, daerah mana,” tambahnya.

BACA JUGA : Partai Garuda Tepis Isu Berkaitan dengan Keluarga Cendana dan Gerindra!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here