PNS Bakalan Dapat Pensiunan yang Lebih Besar!

0
724
Copyright ©qerja

Pemerintah Bakal Naikkan Jumlah Pensiunan PNS

Indowarta.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sekarang ini tengah mengkaji terkait dengan skema pensiunan yang akan mengalami perubahan, skema ini untuk paratur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS).

BACA JUGA : Gaji PNS 2018 Belum Ada Rencana Naik, Tapi THR Akan Naik?

Diperkirakan bahwa PNS akan mendapatkan jumlah pensiunan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Asisten Deputi SDM Kementerian PAN-RB Aba Subagja mengungkapkan, adanya bentuk skema masa pengsiunan itu akan mendasarkan pada iuran PNS selama masa kerja yang akan ditambah dengan subsidi pemerintah.

Akan tetapi, dengan adanya dua komponen tersebut, jumlah pengsiunan para PNS masih tergolong rendah. Sehongga dengan itu, pemerintah akan melakukan perubahan skema untuk menjadikan jumlah pensiun lebih tinggi.

“Jadi skema yang digunakan selama ini PNS itu dapat pensiun dari uang yang ditabung sendiri, kemudian disubsidi oleh pemerintah. Itu kan kecil,” jelas Aba, di Jakarta, Rabu (7/3/18).

CPNS
Copyright ©hendra-skb.blogspot

Oleh karena itu, Aba mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah masih melakukan kajian skema pembayaran pensiun dengan skema fully funded. Dengan menggunakan skema ini, maka pemerintah yang merupakan pihak pemberi kerja, juga akan memberikan iuran untuk para PNS.

BACA JUGA : Inflasi Naik, PNS Minta Kenaikan Gaji!

“Kalau di dalam sistem pensiun kita sekarang ini kan pemerintah itu mensubsidi pensiun, tapi pemerintah itu belum mengiur. Dalam skema yang baru pemerintah itu sebagai pemberi kerja nanti ikut mengiur kepada PNS,” ucap.

Sehingga dengan itu, untuk pensiunan PNS ini akan terdiri dari tiga komponen, diantaranya adalah iuran PNS selama masa kerja, iuran dari pemerintah sebagai pihak pemberi kerja, dan adanya subsidi dari pemerintah.

Pemerintah nantinya akan megelola dan menginvestasikan dana tersebut, dan nantinya seluruh hasil akan diberikan langsung kepada para pegawai. Aba mengatakan, selama ini para PNS sudah melakukan pembayaran iuran sebesar 4,75 persen dari gaji yang sudah mereka terima setiap bulannya.

Akan tetapi, adanya besar iuran itu masih belum cukup untuk menutup besaran pensiunan PNS yang mencapai 75 persen dari jumlah gaji pkok yang sudah diterimanya selama masa kerjanya sebagai seorang pegawai. Aba mengatakan bahwa skema ini akan dimasukkan ke rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang perubahan struktur gaji PNS yang baru.

BACA JUGA : Pendaftaran CPNS 2018 Diprioritaskan Untuk Sektor Kesehatan dan Pendidikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here