Tips dan Trik WhatsApp Yang Kamu Harus Tahu

0
652
WhatsApp
Copyright©itweety

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp sukses merubah kebiasaan orang berkirim pesan dari SMS konvensional. Namun, meskipun didaulat sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang sukses, tidak banyak yang tahu beberapa trik rahasia di balik aplikasi ini.

Berikut beberapa trik yang bisa kamu coba dengan WhatsApp.

Menandai pesan

Tips dan Trik WhatsApp Yang Kamu Harus Tahu
Menandai Pesan

Dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah mengubah teks menjadi dipertebal, huruf miring, atau dicoret, meski teks tersebut sudah kamu ketik terlebih dahulu. Untuk mempertebal teks, cukup tambahkan tanda bintang (*) di ujung kiri dan kanan teks. Untuk membuat tulisan menjadi tampak miring, tambahkan garis bawah (_) di kedua ujung teks. Sementara jika kamu ingin mencoret teks, cukup tambahkan tanda ~

Cara membuat pintasan

cara membuat pintasan
cara membuat pintasan
cara membuat pintasan1
cara membuat pintasan

Dengan fitur ini, kamu bisa membuka obrolan tertentu langsung dari tampilan utama ponsel tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp itu sendiri. Dengan fitur ini, kamu bisa menghemat waktu untuk bicara dengan teman atau sahabat. Bahkan jika kamu perlu mengirimkan gambar, lokasi, atau bahkan tautan situs favorit, seperti link alternatif M88, semua ini bisa dengan mudah dan efisien kamu lakukan dengan pintasan. Untuk membuat pintasan dari obrolan yang kamu inginkan, cukup buka obrolan tersebut, kemudian tekan layar pada nama kontak. Selanjutnya, pilih Menu > Lainnya > Tambah pintasan atau obrolan.

Cara menyembunyikan status orang lain

Untuk menampilkan atau menyembunyikan status orang tertentu, kamu bisa mengaturnya di menu Status Screen. Kemudian pilih Menu dan Status Privacy. Pada bagian ini, kamu bisa memilih mau melihat status dari siapa saja.

cara menyembunyikan status orang lain
cara menyembunyikan status orang lain
cara menyembunyikan status orang lain1
cara menyembunyikan status orang lain

 

Menandai obrolan

menandai orang lain
menandai orang lain

WhatsApp memperkenalkan fitur Pin obrolan pada pengguna Android di bulan Mei tahun lalu, sementara pengguna iOS baru memperoleh fitur yang sama 2 bulan setelahnya. Dengan fitur ini, kamu bisa menandai paling banyak 3 obrolan dan membuat mereka muncul di obrolan paling atas. Semua obrolan yang ditandai ini akan tetap berada di posisi paling atas meskipun muncul obrolan baru.

Untuk menandai obrolan, cukup pilih obrolan yang kamu inginkan. Kemudian, pilih ikon Pin yang muncul di bagian atas layar.

Jika kamu pengguna iPhone, kamu bisa melakukannya dengan cara menggeser obrolan yang kamu inginkan ke kanan.

Cara memakai obrolan berbintang

memakai obrolan berbintang
memakai obrolan berbintang

Obrolan berbintang merupakan salah satu fitur WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk menandai pesan tertentu sehingga kamu pun bisa dengan mudah merujuk ke pesan tersebut di waktu mendatang. Untuk membuat obrolan berbintang, cukup pilih dan tahan obrolan yang ingin kamu beri tanda bintang, kemudian pilih ikon Bintang yang muncul di bagian atas layar. Untuk menghilangkan tanda ini, cukup ulangi langkah yang sama.

Untuk membaca semua obrolan berbintang, kamu cukup mengaksesnya di opsi Menu, dan kemudian pilih Starred Messages.

 

Mengirim pesan massal

mengirim pesan massal
mengirim pesan massal

Pesan massal WhatsApp menjadi salah satu fitur yang cukup dikenal dari aplikasi pengolah pesan instan ini. Dengan adanya fitur ini, kamu pun tidak harus mengetik obrolan yang sama ke orang berbeda ketika kamu ingin mengirimkannya ke beberapa orang sekaligus. WhatsApp sendiri sudah mengatur agar kamu hanya bisa mengirim pesan massal ke orang-orang tertentu yang sudah menyimpan nomormu di perangkat mereka.

Untuk mengirimkan pesan massal, cukup buka WhatsApp, kemudian pilih Chats > Menu > New broadcast. Jika kamu pengguna iPhone, kamu bisa melakukannya dengan cara mengakses Chats > Broadcast Lists > New List > Add contacts.

Mengubah bahasa

mengubah bahasa
mengubah bahasa
mengubah bahasa1
mengubah bahasa

Tahukah kamu bahwa kamu bisa mengubah bahasa WhatsApp? Fitur ini bisa kamu peroleh dengan cara memilih Settings > Chats > App Language. Kemudian kamu tinggal pilih bahasa yang kamu mau.

Cari tahu teman obrolanmu yang paling sering

Kamu pun bisa mengetahui dengan siapa kamu paling sering mengobrol di WhatsApp. Untuk mencari tahu hal ini, cukup tarik turun layar ponsel kamu hingga sampai ke bagian bawah. Di sana kamu akan menemukan daftar kontak yang paling sering mengobrol denganmu. Tapi, jika ternyata daftarnya terlalu panjang, kamu bisa mengaksesnya dengan cara memililh menu Settings > Account > Storage Usage. Pada bagian ini, kamu akan disajikan informasi terkait kontak yang sering kamu hubungi serta informasi data yang kamu terima dan kirim untuk semua obrolan.

Mematikan suara obrolan pribadi dan grup

matikan suara obrolan pribadi
matikan suara obrolan pribadi dan Grup

Kesal dengan suara notifikasi obrolan yang terlalu sering dan mengganggu? Kamu bisa mematikan suara notifikasi ini dengan cara mengakses opsi berikut. Pertama kamu perlu memilih kontak atau grup yang akan kamu heningkan notifikasinya. Kemudian, cukup pilih opsi Mute dari baris menu yang muncul di bagian atas layar.

Cara membaca pesan tanpa tanda centang biru

Ketika kamu membaca pesan, WhatsApp secara otomatis mengirimkan pemberitahuan ke pengirim pesan bahwa kamu sudah membaca pesannya. Namun, sebenarnya kamu bisa mengatur agar fitur ini tidak dijalankan. Dengan demikian, sang pengirim tidak akan tahu persis apakah kamu sudah membaca pesannya atau belum.

membaca pesan tanpa centang biru
membaca pesan tanpa centang biru

Trik pertama yang bisa kamu coba adalah mematikan koneksi internet ponsel kamu. Kemudian, atur ponsel kamu dalam mode pesawat dan pastikan koneksi Wi-Fi turut dinonaktifkan. Lalu, kamu cukup membaca pesan yang dikirim padamu.

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan widget WhatsApp. Dengan fitur ini, setiap pesan yang kamu terima akan muncul di layar utama dan bisa kamu baca, bahkan tanpa harus membuka aplikasinya sendiri. Atau dengan kata lain, tanpa memberikan informasi ke si pengirim bahwa kamu sudah membaca pesannya.

Menonaktifkan fitur download otomatis

menonaktifkan fitur download otomatis
menonaktifkan fitur download otomatis
menonaktifkan fitur download otomatis1
menonaktifkan fitur download otomatis
menonaktifkan fitur download otomatis2
menonaktifkan fitur download otomatis

WhatsApp secara otomatis diatur untuk mengunduh setiap berkas media, baik foto maupun video, yang diterima oleh pengguna. Meski sebenarnya bermanfaat, namun jika kamu berencana untuk menghemat kuota data, sebenarnya fitur ini dapat kamu nonaktifkan. Untuk melakukannya, cukup akses menu Settings, kemudian pilih Data Usage. Pada menu ini, kamu akan diberikan opsi untuk menghentikan unduhan otomatis atas berkas media.

Menambah catatan ke kalender

Jika kamu pengguna iPhone, kamu cukup beruntung karena bisa menambahkan agenda ke kalender. Jika seseorang mengirimkanmu tanggal dalam obrolan kalian, kamu akan melihat tanggal tersebut diberi garis bawah biru Untuk menambahkan tanggal tersebut ke kalender, kamu cukup memilih dan menahan tanggal tersebut. Kemudian pilih tambahkan tanggal ke kalender. Lalu, berikan informasi yang sesuai terkait tanggal tersebut.

Memakai WhatsApp di komputer/laptop

memakai whatsApp di komputer
memakai whatsApp di komputer

WhatsApp sebenarnya bisa diakses dari komputer/laptop tanpa harus melulu memegang ponsel. Kamu pun bisa memanfaatkan layar yang lebih luas dan papan ketik yang lebih nyaman. Untuk memanfaatkan fitur ini, kamu perlu mengakses web.whatsapp.com di peramban komputer/laptop. Kemudian, pindai kode QR dengan menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel (Pilih menu Settings > WhatsApp web). Setelah terhubung, kamu akan bisa melihat tampilan WhatsApp kamu di layar komputer/laptop.

Mengirim pesan ke diri sendiri

Salah satu trik rahasia WhatsApp yang jarang diketahui orang adalah kamu sebenarnya bisa mengirim pesan ke diri sendiri. Untuk mengakses fitur ini, yang perlu kamu lakukan adalah membuat grup WhatsApp. Lalu, tambahkan orang secara acak. Kemudian, hapus mereka satu per satu dari grup. Dengan demikian, yang tersisa di akhir hanyalah kamu sendiri. Artinya, kamu pun bisa mengirimkan pesan WhatsApp ke diri sendiri.

Mengirim dan menerima uang dengan FreeCharge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here