Alasan Kementan Indonesia Cegah Rock melon Australia Masuk Ke Indonesia!

0
294
Rock Melon,
Copyright ©pikiranrakyat

Sejumlah Poin Penting Pengambilan Keputusan Larangan Masuknya Rock Melon Dari Australia ke Indonesia

Indowarta.com – Impor rock melon (cantaloupe) yang berasal dari Australia ke Indonesia sudah ditutup oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Hal ini dilakukan terkait dengan kajian luar biasa kontaminasi adanya bakteri Listeria Monocytogenes di Australia yang sudah menyebabkan empat orang korban meninggal dunia.’

BACA JUGA : Langkah Presiden Jokowi Mengatasi Campak dan Gizi Buruk di Papua!

Dari dalam Surat Agriculture Counsellor Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada 3 Maret 2018, Kementan memberikan tanggal mengenai hal tersebut dengan menerbitkan keputusan menteri pertanian nomor 207/Kpts/KR.040/3/2018 terkait penutupan pemasukan.

“Menteri Pertanian memberi atensi khusus terhadap kasus ini dan sangat perduli untuk mencegah kejadian ini di Indonesia. Maka beliau merespons dengan keputusan Menteri Pertanian,” ujar Kepala Badan Pertanian dalam siaran pers, Rabu (7/3/18).

Bentuk keputusan ini adalah untuk melindungi para konsumen buah-buahan di Indonsia serta mengantisipasi adanya kejadian yang sama terjadi di Indonesia. Ada sejumlah hal utama yang menjadi poin utama dikeluarkannya keputusan ini.

Rock melon
Copyright ©Istimewa

Yang pertama adalah penutupan masuknya rock melon yang berasal dari Australia ke Indonesia. Dan penutupan pemasukan kepada buah tersebut yang sudah dikirim dari Australia mulai dari 3 Maret 2018. Adanya pengiriman yang dilakukan dari negara lain baik secara langsung atau transit harus ada pembuktian bill of lading (B/L) atau airway bill (AWB) dan cargo manifest.

BACA JUGA : Mulai Sabtu Kemarin, Harga BBM Naik Lagi, Berikut Rinciannya!

Poin keempat, kata dia, pemasukkan rock melon yang berasal dari Australia ke Indonesia yang sudah dikitim sejak 3 Maret 2018 dilakukan penolakan atau pemusnahan. Adanya bentuk tindakan penolakan atau pemusnaan ini dilakukan dengan berdasarkan pada ketentuan peraturan perudang-undang dalam bidang Karantina tumbuhan.

“Pada dasarnya buah rock melon asal Australia ini belum pernah masuk ke Indonesia,” pungkasnya.

Dari sistem informasi karantina pertanian tidak pernah melakukan pencatatan rock melon yang masuk ke Indonesia sejak tahun 2017 sampai 2018 per harinya. Sehingga pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan resah. Karena buah melon yang sekarang ini beredar di pasaran murni hasil dari pertanian Indonesia.

“Kementan menjamin buah tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi masyarakat,” tegas dia.

BACA JUGA : Fakta Tentang Hari Perempuan Internasional Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here