Bakteri Mematikan yang Terkandung Dalam Buah Rockmelon!

0
776
Rock melon
Copyright ©Istimewa

Terkontaminasi Bakteri Mematikan, Rock Melon Diberhentikan Penjualannya

Indowarta.com – Setelah mengonsumsi rock melon yang terkontaminasi bakteri Listeria, dikabarkan empat orang telah meninggal dunia. Seperti dilansir daria ABC News, Rabu 7 Mareta 2018, dalam kurun satu bulan terakhir ini sudah ada 17 kasus mengenai hal tersebut yang dilaporkan oleh Victoria dan New South Wales.

BACA JUGA : Alasan Kementan Indonesia Cegah Rock melon Australia Masuk Ke Indonesia!

Ada sebanyak 15 orang lansia yang terkena kasus ini, kebanyakan dari mereka menderita penyakit. Dipastikan bahwa 13 dari 15 orang itu sudah mengonsumsi rock melon sebelum mereka terkena Listeriosis.

Buah yang diduga sudah terkontaminasi itu disinyalir berasal dari sebuah perkebunan yang berada di New South Wales. Diperkirakan bahwa kasus keracunan makanan akibat dari bakteri tersebut akan mengalami peningkatan, hal itu karena gejala mulai akan terlihat pada saat enam pekan setelah mengonsumsi rock melon.

WAJIB BACA :  Alasan Kementan Indonesia Cegah Rock melon Australia Masuk Ke Indonesia!

Adanya kejadian ini sudah membuat pemerintah Australia mengeluarkan peringatan untuk seluruh warganya untuk tetap mewaspadai melon yang terjangkit bakteri Listeria. Selain itu, petugas kesehatan setempat juga memberikan himbauan, khususnya untuk warga lansia, penderita diabetes, kanker, dan ibu hamil untuk segera membuat potongan melon milik mereka.

Rock Melon,
Copyright ©pikiranrakyat

Pihak produsen juga menyetujui adanya penghentian penjualan rock melon setelah diketahui bahwa sudah terkontaminasi oleh bekteri yang menyebabkan beberapa orang mengelami masalah kesehata. “Buang atau bawa kembali ke toko,” ujar Manajer Pengembangan Asosiasi Melon Australia, Dianne Fullelove.

BACA JUGA : Mulai Sabtu Kemarin, Harga BBM Naik Lagi, Berikut Rinciannya!

Adanya kasus rock melon yang terkontaminasi oleh bakteri Listeria ini sudah menjadi perhatian pemerintah Indonesia terhadap impor buah-buahan, khususnya yang berasal dari Australia. Kementerian Pertanian sudah memberlakukan aturan untuk menghentikan pemasukan rock melon dari Australia. Penutupan ini sudah diberlakukan sejak 3 Maret 2018.

WAJIB BACA :  Alasan Kementan Indonesia Cegah Rock melon Australia Masuk Ke Indonesia!

“Pada dasarnya buah rock melon asal Australia ini belum pernah masuk ke Indonesia. Data Sistem Informasi Karantina Pertanian belum pernah mencatat adanya pemasukan buah ini baik tahun 2017 hingga  2018 per hari ini, sehingga Kementan mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik atau resah,” ujarnya, Rabu (7/3/18).

Kementan akan terus melakukan pewaspadaan dan pengawasan mengenai buah yang akan masuk ke Indonesia secara intesif, baik itu dilakukan di bandara, pelabuhan, dan perbatasan negara. Hal itu dilakukan dengan cara mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh Badan Karantina Pertanian.

BACA JUGA : Langkah Presiden Jokowi Mengatasi Campak dan Gizi Buruk di Papua!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here