Belum Ada Respon, Tumblr Akan tetap Diblokir!

0
446
Tumblr
Copyrigth©voaindonesia

Kemkominfo Akan Tetap Blokir Tumblr

Indowarta.com – Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, bahwa sampai sekarang ini Tumblr masih belum memberikan respon terkait dengan permintaan pihak Kemenkominfo untuk mencegah adanya pornografi dalam web atau aplikasinya.

BACA JUGA : Usai Telegram, Kemkominfo Siap Panggil FB dan Kawan Kawannya!

“Tanggal 28 Februari kami kirim pemberitahuan ke Tumblr, kalau dalam 2 x 24 jam tidak respons, tanggal 5 Maret akan ditutup. Tapi ternyata sampai saat ini tidak ada respons dari pihak Tumblr,” kata dia dalam konferensi pers pemblokiran Tumblr di kantor Kemkominfo, Jakarta, Rabu (7/3/18).

Disamping itu, dia menegaskan bahwa Kemkominfo tidak akan memberikan toleransi kepada seluruh penyedia layanan over the top (OTT), yang sebelumnya sudah dinilai tidak mematuhi aturan pemerihan yang diberlakukan.

“Sebelum mereka respons dan berkomitmen mematuhi peraturan, maka akan tetap diblokir. Mereka harusnya melihat bukan hanya dari community standard-nya, tetapi mematuhi peraturan Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Semmy itu.

Tumblr,
Copyrigth©iStockPhoto

Selain harus mematuhi perturan dari pemerintah Indonesia, kata Samuel, Tumblr sewajibnya menyediakan fitur pelaporan konten, yang dapat digunakan untuk menekankan adanya konten negatif pada layanannya.

BACA JUGA : Menkominfo Jamin Tak ada Kebocoran Data Soal Registrasi Kartu SIM!

Sehingga dengan adanya fitur tersebut, memungkinkan para penggunanya melaporkan bahwa ada konten yang dianggap negatif. Sampai sekarang ini, diketahui bahwa Tumblr masih belum menyediakan fitur pelaporan itu.

Namun penggunanya hanya diberikan sebuah fitur berupa filter yang berguna untuk memilih beberapa konten apa saja yang ingin mereka lihat. “Kami ingin Tumblr punya fitur pelaporan seperti di Faceboook, jadi pengguna bisa melaporkan, tapi saat ini belum ada omongan apa-apa dari Tumblr,” ungkap Semmy.

Sebelumnya diketahui, bahwa Kemkominfo sudah melakukan pemblokiran pada layanan Tumblr, langkah ini diambil karena dinilai dalam layanan tersebut sudah ada lebih dari 360 akun asusila yang dianggap sangat negatif.

“Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos Tumblr dot com dan aplikasinya,” tulis keterangan @kemkominfo.

BACA JUGA : Terkait Konten Negatif, Tumblr Diblokir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here