Skema Baru RPTRA Zaman Ahok yang Akan Dilanjutkan Anies Baswedan Sandiaga Uno!

0
625
sandiaga uno
Copyright©tribun

Program RPTRA Akan Kembali Dilanjutkan

Indowarta.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengharapkan bahwa terus ada penyediaan ruang untuk masyarakat dengan mengusung konsep yang memiliki bentuk ruang terbuka hijau (TH), ataupun adanya Ruang Publik Terpadu Rumah Anak (RPTRA).

BACA JUGA : Semobil, Apa yang Dilakukan Anies Baswedan dan Jokowi?

Diketahui bahwa adanya program RPTRA ini merupakan salah satu program unggulan dari gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Basuki Tjahaja Purbana atau Ahok. “Untuk skema pengadaan akan bekerjasama dengan swasta,” ucap Sandiaga Uno.

Sandiaga menilai bahwa selama ini pemerintah mengelami kendala untuk menyediakan RPTRA kepada masyarakat, pasalnya sebagaian besar lahan yang berada di Ibu Kota sudah dimiliki oleh pihak swasta sebelumnya.

“Banyak yang punya lahan itu privat. Ada beberapa teman-teman yang bicara satu, mereka mau menjadikan tempat ini ruang terbuka hijau, tetapi mereka minta beberapa hal,” kata Sandiaga Uno, Rabu (7/3/18).

Permintaan tersebut, ujar Sandiaga, adalah pengurangan adanya pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB). Skenario lainnya yang sudah dilakukan adalah pemilik lahan dapat menguasai 20 persen lahan untuk melakukan iklan.

Sandiaga Uno
Copyright©Instagram

“Nggak apa saya bilang kalau beriklan-iklan, kalau CSR ya CSR,” ungkapnya.

BACA JUGA : Sandiaga Uno Beri Sinyal Untuk Lanjutkan Normalisasi Sungai!

Dia menyatakan bahwa penguasaan lahan tersebut masih menjadi milik swasta. Perawatan dan keamanan sudah termasuk menjadi wewenangnya mereka selaku pemilik lahan tersebut. “Tapi mereka minta dibangun jalan-jalan di sekitar tempatnya itu, baik itu trotoar, jalannya dirawat Pemprov,” tuturnya.

Oleh karena itu, Sandiaga Uno menilai bahwa keinginan tersebut yang ingin didukung. Karena dia melihat masih banyak lahan milik swasta yang dapat digunakan untuk ruang terbuka, seperti pembangunan RPTRA.

“Para pengembang itu belum memiliki rencana, tapi memiliki tanahnya. Itu kami dorong untuk pengadaan penambahan ruang terbuka bagi masyarakat,“ papar Sandiaga.

Beberapa hari lalu, dia menginginkan untuk pembangunan RPTRA ini tetap dilanjutkan, jika memang dibutuhkan oleh masyarakat. “Mestinya diterusin ya jika diperlukan sama warga,” kata Sandiaga Uno, Senin (5/3/18).

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan bahwa pembangunan RPTRA ini akan diberhentikan usai tahun ini. Pasalnya pemerintah masih berasa kesulitan mencari lahan untuk pembangunannya.

BACA JUGA : Pertemuan Sandiaga Uno Dengan Sopir Angkot Membuahkan Kesepakatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here