Penderita Kanker Serviks Rentan Gagal Ginjal!

0
671
kanker serviks
Copyright ©Aladokter

Gagal Gijal Juga Mengintai Penderita Kanker Seviks

Indowarta.com Kanker serviks merupakan kanker yang timbul pada daerah leher rahim wanita. Sedangkan fungsi dari leher rahim sendiri adalah untuk menjadi pintu masuk antara intim wanita dengan rahim. Bahkan penyakit mematikan ini dapat menyerang berbagai usia seseorang.

BACA JUGA : Solusi Asam Urat Saat Masih Muda!

Berdasarkan data dari badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa ada sebanyak 900 ribu kasus kematian akibat dari kanker serviks. Dalam per jam, telah ada wanita di Indonesia kehilangan nyawa akibat dari kanker tersebut.

Dalam acara seminar bertemakan “Ginjal dan Kesehatan Perempuan” yang digera di Artotel, Jakarta Pusat, Ketua Departemen Obstertri dan Ginekologi FKUI-RSCM, Dr.dr. Suskhan Djusad, SpOG(K) menjelaskan, adanya kematian itu terjadi karena penderita mengalami komplikasi, yang salah satunya adalah gagal ginjal.

Khasusnya pada sejumlah kasus kanker serviks stadium lanjut, pasalnya kanker  dapat menekan ureter. Sehingga menjadi sebuah penghalang aliran urine yang keluar dari dalam ginjal. Banyaknya urine yang berada di ginjal diketahui dengan istilah hidronefrosis.

Munculnya Ratusan Kasus Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Sleman
Copyright©hayatouki

Dimana kondisi itu akan menyebabkan ginjal mengalami pembekakan dan merenggang. Jika kondisi tersebut semakin parah, maka akan merusak dari fungsi ginjal, inilah yang disebut seseorang mengalami gagal ginjal.

BACA JUGA : 4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Serviks!

“Kenapa kanker serviks bisa menjadi gagal ginjal? Karena kanker itu bisa menyebar ke dinding panggul dan bisa lari ke ginjal. Maka dari itu jangan sampai kanker serviks itu bisa sampai ke ginjal caranya dengan deteksi dini, papsmear bagi wanita yang telah aktif melakukan kegiatan seksual,” jelas dr.Suskhan, Rabu (7/3/18).

Dia mengatakan, jika seseorang tidak melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks, maka juga akan beresiko terkena gagal ginjal. Diketahui bahwa kanker tersebut disebabkan oleh 95-99 persen infeksi HPV (Human Papilloma Virus).

“Kalau enggak dideteksi dini akan berakibat fatal. Kanker serviks itu dapat dicegah karena dari lesi pre-kanker sampai ke kanker serviks itu prosesnya cukup lama, antara 5 hingga 10 tahun,” paparnya.

Sehingga jangan sampai tidak dilakukan deteksi, karena jika sudah masuk stadium IIB pengobatanya sudah bukan operasi, melainkan melakukan radiasi, dan itu rasanya sakit. “Jika pasien gagal ginjal masih bisa ditransplantasi, tapi kalau pasien dengan kanker serviks ini tidak bisa transplatansi ginjal,” ungkap dia.

BACA JUGA : Tanda-tanda Serangan Jantung yang Sering Disepelekan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here