5 Penyakit yang Serang Tubuh Wanita, Apa Saja?

0
838
Tidur saat rambut basah,
Copyright ©wanita.me

Sejumlah Penyakit yang Sering Diderita Oleh Wanita

Indowarta.com – Tidak sedikit wanita yang sudah lalai akan kesehatan tubuhnya. Walau mereka dapat melakukan beberapa hal dalam satu waktu, namun menjaga kesehatan itu sangat perlu. Karena itu merupakan salah satu langkah untuk mencegah agar mereka terhindar dari penyakit ringan atau berat.

BACA JUGA : Penderita Kanker Serviks Rentan Gagal Ginjal!

Jika seorang wanita lalu dalam menjaga kondisi tubuhnya, mereka akan cukup mudah terserang penyakit. Berikut beberapa masalah kesehatan yang sering kali diderita oleh seorang wanita, seperti dilansir dari thehealthsite.com.

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK sering kali diderita oleh seorang wanita. Penyakit ini timbul karena masuknya bakteri E.coli dalam saluran kemih lantaran letak anus cukup dekat dengan uretra wanita. Gajala yang akan timbul seperti merasa seperti terbakar saat sedang buah air kecil, sering kencing, urine berwarna gelap, demam, dan nyeri dibawah punggung.

  1. Kecemasan dan despresi

Wanita sangat beresiko mengalami kecemasan dan depresi. Kebanyakan kondisi tersebut terjadi pada saat mereka masuk masa menstruasi, setelah melahirkan, atau adanya gangguan kecemasan ketika dalam masa menopause.

  1. Obesitas
Obesitas
Copyright©Shutterstock

Tidak sedikit wanita yang cukup gampang mengalami kegemukan yang berakibat pada gangguan kesehatan. Jika saja wanita mengalami despresi, maka tidak sedikit dari mereka akan menghiburnya dengan makan.

BACA JUGA : Make Up Berisiko Tinggi Bikin Wanita Kena Kanker Kulit?

Memang ada beberapa hal yang sudah menjadi faktor kegemukan, namun yang paling berpengaruh adalah banyaknya makan dan kurang bergerak. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meredakannya adalah dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

  1. Mentruasi tidak teratur

Untuk para remaja putri yang mengalami menstruasi tidak tertur disebabkan oleh penyakit ovarium polikistik, penyakit teroid atau kasta ovarium sederhana. Sedangkan untuk usia produktif, hal itu disebabkan karena adanya pendarahan uterus disfungsional (DUB).

“Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi awal dari penyakit kanker serviks atau endometrium. Oleh karena itu periksakan kesehatanmu jika kamu mengalaminya.”

  1. Kanker

Salah satu penyakit yang paling berbahaya untuk wanita adalah kanker payudara, kanker serviks. Selain itu wanita juga retan mengalami kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker endometrium. Untuk melakukan pencegahannya sangat disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan payudara dan mamografi dengan rutin.

BACA JUGA : Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Untuk Wanita Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here