Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesuburan Pria!

0
716
Rokok Elektrik
Copyright©kompas

Penggunaan Roko Elektrik Berdampak Para Reproduksi Pria

Indowarta.com – Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa rokok elektrik atau vape lebih aman dibandingkan dengan rokok pada umumnya. Akan tetapi anggapan tersebut belum tentu benar. Disamping masih belum ada studi dalam jangka panjang yang dapat menentukan dengan pasti apa saja bahaya dari rokok tersebut,  para peneliti menduga bahwa itu dapat merusak tubuh dengan cara yang tidak sama dengan rokok tembakau.

BACA JUGA : Solusi Asam Urat Saat Masih Muda!

Salah satu efek bahaya dari vape adalah pada sistem reproduksi pria. Lalu apa bahayanya rokok elektrik ini bagi kesuburan pria? Salah satu keunggulan dari rokok itu adalah uang yang hasilkan adalah uap air bukan pembakaran tembakau dan kertas.

Akan tetapi, banyak pakar berpendapat kalau uang yang dikeluarkan dari vape ini tetap mengandung nikotin, acrolein, formalin, gliserin, dan propylene glycol. Walau jumlah nikotin lebih kecil dari tembakau namun masih saja tetap memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu kerusakan pada tubuh manusia.

Vape
Copyrigth©hellosehat

Disamping itu, bahaya dari rokok elektrik ini juga dapat menimbulkan adanya gangguan konsepsi pada seorang pasangan. Dalam sebuah studi yang dilakukan untuk hewan tikus menunjukkan bahwa uap arir dari vape ini sudah mengurangi sitem reproduksi pada tikus jantan.

BACA JUGA : Awas, Ini 4 Risiko Membahayakan Akibat Rokok Elektrik Vape!

Efek uap dari vape ini sudah dipaparkan semenjak tikus dalam kandungan, sehingga membuat tikus janting memilik sel sperma yang lebih sedikit, serta sedikit mengalami kesulitan untuk dapat membuahi sel telur untuk menghasilkan keturunannya.

Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan pada konfrensi Britis Fertility yang menunjukkan bahwa uap air dari rokok elektrik atau vape dapat menimbulkan gangguan pada sistem reproduksi pria. Seperti dilansir dari Daily Mail, salah satu peneliti Dr. O’Neill mengatakan bahwa ada dua rasa yang paling populer dari cairan vape tersebut adalah kayu manis (Cinnamon) dan permen karet yang sesungguhnya berbahaya untuk perkembangan sel sperma.

Peneliti menggunakan sampel sperma dari 30 pria dengan cara membandingkan aktivitas sperma yang berdasar pada cairan rasa serta kebiasaan menggunakan rokok elektrik. Untuk para pengguna dengan rasa kayu manis konsetrasi tinggu menunjukkan spermanya cerderung lebih lambat dibandingkan dengan rasa lain dengan konsetrasi lebih kecil.

BACA JUGA : 5 Penyakit yang Serang Tubuh Wanita, Apa Saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here