Cerita Hidup Sosok Sir William Henry Perkin yang Muncul di Laman Google Doodle Hari Ini!

    0
    432
    Sir William Henry Perkin
    Copyright©pikiran-rakyat

    Google Doodle Peringati Hari Kelahiran Sir William Henry Perkin

    Indowarta.com Sir William Henry Perkin merupakan anak dari pasangan Geoge Parkin dan Sarah Parkin. Dia merupakan anak bungsu dari pernikahan mereka yang tak disangka menjadi sosok yang sangat berpengaruh bagi sejarah manusia.

    Namanya selalu dikenang sepanjang sejarah karena merupakan sosok yang merupakan penemu pewarna sintetis pertama didunia. Dia menemukan hal itu dalam sebuah kegagalan sintesis kinan yang merupakan obat malaria.

    Jika tidak adanya ‘kegagalan’ itu, kemungkinan perkembangan industry perwarna sintetis dan tekstil akan mengalami stagana, seperti yang terjadi di abad ke-18 sampai sekarang ini. Sehingga tidak heran jika Google merayakan hari ulang tahun Sir William Henry Perkin melalui doodle di laman utamanya.

    Di tahun 1906, untuk pertama kalinya ‘Parkin Medal’ atau disebut mendali parkin sudah dinobatkan kepada Sir William Henry Perkin. Pada saat itu, penghargaan ini diberikan pada peringatan 50 tahun penemuannya mengenai warna ungu muda.

    Google
    Copyright©Google

    Sebelumnya, dia menjalani pendidika di Royal College of Chemistry, London, dengan pengajar seorang ahli kimia yang bersal dari Jerman, August Wilhelm von Hofmann. Pada saat itu, Hofmann sedang sibuk untuk mencari rumusan kimia yang akan digunakan sebagai penangkal penyakit mamaria.

    BACA JUGA : Google Rayakan Pembukaan Paralympics 2018 Hari Ini!

    Dari beberapa percobaan yang dibuat, sudah menyisakan apartus kotor yang semestinya dibersihkan oleh Sir William Henry Perkin.  Pada saat menjalankan tugas membersihkan gelas-gelas kotor tersebut, dia sudah menemukan hal yang baru.

    Pada saat itu, dia melihat ada zat berwarna ungu yang memiliki sifat pewarnaan cukup bagus, merupakan hal yang tidak pernah dia ketahui sebelumnya. Kemudian setelah mencoba untuk melakukan pembuatan ulang zat tersebut, pada akhirnya dia berhasil melakukannya.

    Formula untuk pembuatan zat itu sudah ditemukan oleh Sir William Henry Perkin. Langkah yang diambil selanjutnya adalah dia mematenkan apa yang menjadi temuannya dan mengkomersialisaikan hasil riset yang dilakukannya.

    Nama ‘mauveine’ merupakan nama zat pewarna ungu yang sudah ditemukannya. Namun beberapa orang juga mengetahu nama tersebut dengan sebutan Tyrian Purpe, atau anilin ungu (aniline purple). Lalu penemuan dari Sir William Henry Perkin ini menajadi sebuah pionir dan untuk perkembangan industri.

    BACA JUGA : Fakta Tentang Hari Perempuan Internasional Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here