Kenapa Instagram Mendadak Hapus Fitur GIF?

0
354
GIF
Copyright©grid

Sementaran Waktu Fitur GIF Pada Instagram dan Snapchat Diblokir

Indowarta.com – Fitur gambar bergerak atau GIF untuk sementara ini diblokir dalam layanan Instagram dan Snapchat. Adanya keputusan ini karena laporan dari salah satu pengguna yang menilai bahwa GIF yang ada pada kedua platform tersebut mengandung rasisme.

BACA JUGA : Heboh di Instagram Tentang Tempelate Pertanyaan The Sunday Chapter!

Dalam hal ini konten yang dimaksudkan adalah GIF yang sudah disisipkan kata sensitif untuk para kaum kulit hitam atau kerap disebuta dengan “N-word”. Kehadiran dari GIF tersebut berasal dari pustaka Giphy yang merupakan mitra pihak ke tiga Snapchat dan Instagram.

“Konten seperti ini tak memiliki tempat di Instagram. Kami telah menghentikan integrasi dengan Giphy sembari mereka menginvestigasi kasus ini,” ungkap juru bicara Instagram.

Tanggapan yang sama juga dilontarkan oleh juru bicara Snapchat. Dia mengatakan bahwa adanya pemblokiran GIF tersebut akan dilakukan jika saja Giphy selaku penyedia akan berkomitmen untuk tidak menyediakan konten-konten tersebut.

Instagram
Copyright ©selular

“Kami menghapus GIF dan memblokir akses Giphy hingga kami yakin kejadian seperti ini tak akan terulang lagi. Kami menunggu tim Giphy untuk menyelidikinya,” ujar juru bicara Snapchat.

BACA JUGA : Belum Ada Respon, Tumblr Akan tetap Diblokir!

Disamping itu, dia berpendapat bahwa seluruh GIF yang terdapat pada layanannya dan di dalam Instagram seharusnya aman untuk diakses oleh para remaja diatas usia 13 tahun. Hal ini menjadi sebuah peringatan agar lebih detail dan jeli untuk adanya konten sensitif.

Sedangkan pihak dari Giphy angkat bicara mengenai adanya pemblokiran GIF yang mereka sediakan pada layanan Snapchat dan Instagram. Pihaknya menyatakan bahwa gambar bergerak yang bernuansa rasisme ini mulai tersebar karena adanya bug yang terdapat di sistem penyaringan GIF, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (11/3/18).

“Kami telah memperbaiki bug-nya dan mengatur ulang semua GIF yang tersedia di perpustakaan kami,” ungkap juru bicara Giphy.

Sebelumnya diketahui bahwa intergrasi Giphy dengan Instagram sudah dimulai sejak Januari 2018 lalu. Kemudian pada bulan Februari 2018 kemarin, Snapchat menyusul untuk menjadi mitra dengan penyedial layanan GIF tersebut.

BACA JUGA : Ikon Baru WhatsApp yang Bikin Penasaran!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here