Harusnya Bikin SIM Baru Tak Perlu Waktu Lama!

    0
    412
    SIM
    Copyright ©polri.go.id

    Syarat-Syarat Pembuatan SIM Baru Untuk Pengendara Kendaraan Bermotor

    Indowarta.com – Semua orang yang mengendarai kendaraan bermotor diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal ini tertuang dalam Pasal 77 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Sedangkan SIM baru yang ingin dibuat oleh seorang pengendara juga berbeda, karena sesuai dengan kendaraan yang dikemudikannya.

    BACA JUGA : Kecanduan Rokok, Rohayani Tuntut Gudang Garam dan Djarum Senilai Rp 1 Miliar!

    Untuk sekarang ini, SIM sendiri terbagi menjadi beberapa golongan, seperti SIM A, B1, B2, C, dan D. Beberapa jenis tersebut dapat dimiliki oleh seseorang dengan cara melihat dari jenis kendaraan yang dikemudikannya.

    Tidak hanya itu, untuk memiliki SIM baru, banyak masyarakat yang masih mengeluhkan bahwa proses pembuatannya membutuhkan waktu lama. Padahal berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Kasi Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, untuk pembuatan SIM cukup cepat dan mudah.

    “Prosedur waktu penerbitan SIM baru 120 menit dan perpanjangan 15 menit saja,” kata Kompol Fahri, Minggu (11/3/18).

    Namun terkait dengan keluhan masyarakat tersebut, dirinya tidak menampik hal tersebut dapat terjadi saat proses pembuatan SIM baru atau perpanjangan. Hal tersebut dikerenakan adanya gangguan teknis saat menjalankannya.

    SIM,
    Copyright ©Kompas

    Agar merasa nyaman pada saat berkendara dan tidak takut adanya razia yang terjadi saat melakukan perjalanan, memiliki SIM adalah salah satu hal yang menguntungkan. Pasalnya selain aturan berkendara, SIM juga sangat penting.

    BACA JUGA : Begini Prosedur Pengurusan STNK Hilang!

    Sehingga dengan itu, untuk anda yang masih belum memiliki, sebaiknya segera membuat SIM baru atau yang sudah mati, lebih baik segera mengurusnya untuk melakukan perpanjangan. Karena dengan memiliki SIM berarti anda sudah sah memiliki sebuah kemampuan untuk berkendara di lalu lintas umum.

    Sehingga tidak harus melalui calo untuk pembuatan SIM baru, anda dapat menjalankannya sendiri seseuai dengan prosedur yang diharuskan. Berikut beberapa syarat pembuatan SIM yang sesuai dengan arahan dari NTMC Polri.

    Syarat

    Usia :

    • SIM A berusia 17 tahun
    • SIM B I dan II berusia 20 tahun
    • SIM C dan D untuk pemohon berusia 16 tahun
    • SIM Umum untuk usia 21 tahun

    Pas photo

    KTP asli dan foto copy KTP (4 lembar)

    Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.

    BACA JUGA : Unik, Mobil Bermuka Dua Ini Kena Tilang di Bandung!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here