Peta Kekuatan Koalisi Pro Jokowi Jika Partai Demokrat Resmi Gabung!

0
1805
jokowi sby
Copyright©Twitter

Jika Partai Demokrat Bergabung, Peta Kekuatan Koalisi Pro Jokowi Akan Semakin Kuat

Indowarta.com – Partai Demokrat telah memberikan sinyal kuat untuk berkoalisi dengan sejumlah partai politik pro Joko Widodo atau Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Jika Demokrat sudah menyatakan dukungannya untuk bergabung, lalu bagaimana kekuatan koalisi yang terbentuk?

BACA JUGA : Gerindra Sebut Prabowo Belum Putuskan Nyapres di Pemilu 2019!

Bentuk kode akan bergabungnya Demokrat dengan koalisi pro Jokowi ini sudah disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Rapimnas yang diselenggarakan di SICC, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (10/3/18).

Dalan acara tersebut juga sudah dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. SBY dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Demokrat siap untuk memberikan dukungan kepada Jokowi. “Jika Allah menakdirkan, sangat bisa PD berjuang bersama Bapak,” ujar SBY.

WAJIB BACA :  Tol Rembang-Pasuruan Bakal Diresmikan Jokowi Hari ini!
Jokowi
Copyrigth©waspada

Jika saja Demokrat resmi menyatakan untuk bergabung dengan koalisi pro Jokowi, maka bentuk dukungan ini akan menambah kekuatan untuk koalisi tersebut. Sampai sekarang ini, sudah ada beberapa partai yang menyatakan dukungan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, diantaranya adalah NasDem, PDIP, PPP, Golkar, dan Hanura.

BACA JUGA : Menjelang Pilpres 2019, Prabowo Mulai Aktif Lagi di Twitter!

Seusai dengan peraturan yang sudah ditetapkan dalam UU No 7/2017 tentang Pemilu, kepada seluruh capres yang akan maju dalam Pilpres 2019 wajib untuk memiliki ambang batas mencapai 20% dari kursi DPR atau 25 % suara nasional, yang berdasarkan dalam perolehan suara di Pilpres sebelumnya.

Nah, jika Demokrat memberikan dukungan dan bergabung dengan koalisi pro Jokowi, maka kekuatan koaliai yang sudah terbentuk mencapai 352 dan 560 kursi di parlemen. Dengan rincian PDIP (109), Golkar (91), Demokrat (61), NasDem (36), dan Hanura (16). Dapat dipastikan kalau jumlah tersebut lebih dari minimal syarat yang mencapai 122 jumlah kursi.

WAJIB BACA :  Tol Rembang-Pasuruan Bakal Diresmikan Jokowi Hari ini!

Sedangkan untuk koalisi Gerindra-PKS (113) sudah hampir mengerucut untuk memberikan dukungan terhadap Prabowo Subianto. Untuk sekarang ini, masih PKB (47) dan PAN (48) yang masih belum menentukan sikap mereka dalam Pilpres 2019, pasalnya adanya peluang adanya pembentukan poros ketiga.

Diketahui bahwa dengan ada atau tidaknya Demokrat, koalisi pro Jokowi sudah cukup kuat untuk maju dalam Pilpres 2019. Namun sampai sekarang ini partai yang dipimpin oleh SBY tersebut masih berlum mengeluarkan penyataan resmi terkait dukungannya.

BACA JUGA : Survey Elektabilitas Jokowi dan AHY Bersatu di Pilpres 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here