PNS Pria Bisa Ajukan Cuti Satu Bulan Jika Istri Melahirkan!

0
815
PNS
Copyright©tribunnews

Untuk Mendampingin Istri Dalam Proses Melahirkan, PNS Pria Dapat Mengambil Cuti Satu Bulan

Indowarta.com – Tercantum dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pria dapat mengajukan cuti selama satu bulan untuk mendampingi istrinya yang sedang menjalani proses melahirkan.

BACA JUGA : Rencana Kenaikan Gaji PNS, Penghasilannya Bakalan Naik Pesat!

Salah satu jenis cuti untuk PNS yang sudah diatur dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 yaitu cuti alasan penting (CAP). CAP dapat diajukan oleh seorang PNS pria untuk memberikan pendampingan kepada seorang istri yang sedang dalam masa proses melahirkan/operasi sesar dengan cara melampirkan surat rawat inap dari pihak Unit Pelayanan Kesehatan.

“Peraturan Kepala BKN Nomor 24 Tahun 2017, itu adalah tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Nah peraturan ini memang mengatur hak cuti untuk PNS. Memang sangat situasional, tergantung dari persetujuan atasan. Tapi prinsipnya Perban ini memperbolehkan suami itu mengajukan cuti satu bulan karena isterinya melahirkan atau caesar,” jelas Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan dikutip dari detikFinance, Rabu (14/3/18).

Copyright ©qerja

Alasan dari adanya cuti sebulan untuk PNS pria ini, kata Ridwan, untuk memperjelas adanya aturan yang sebelumnya sudah ada, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Berdasarkan aturan lama itu, tidak dijelaskan terkait dengan perizinan cuti kelahiran, oleh karena itu dalam keadaan yang terdesak para PNS pria cukup kesulitan untuk mengambil cuti.

BACA JUGA : Begini Simulasi Gaji Baru PNS!

“Dulu itu atasan langsung atau pejabat pembina kepegawaian di daerah itu ‘maju-mundur’, ada yang bahkan misalnya PNS pria cuti karena alasan penting (tapi) itu mendapat hukuman disiplin,” ujar Ridwan.

Karena hal itu, Ridwan mengatakan bahwa dalam aturan baru tersebut mengenai cuti PNS pria untuk dapat memberikan pendampingan kepada istrinya saat melahirkan sudah disebutkan secara tertulis. Sehingga dengan itu, mereka memiliki dasar hukum tanpa harus takut akan mendapatkan sanksi jika mengambil cuti terlalu lama.

“Sekarang ini kalau situasinya menghendaki si suaminya harus stay di sampingi istrinya, itu harus diberi izin cuti alasan penting karena mendampingi istrinya melahirkan atau caesar. Jadi lebih humanis,” paparnya.

BACA JUGA : PNS Bakalan Dapat Pensiunan yang Lebih Besar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here