WhatsApp Dilarang Berbagi Data dengan FB!

0
1612
Instagram dan whatsapp
Copyright ©newsfirst

Adanya Aturan Yang Melarang WhatsApp Berbagi Data Dengan FB

Indowarta.com WhatsApp dilarang oleh Information Commissioner’s Office (ICO) Inggris untuk berbagi data pribadi pengguna kepada induknya, yaitu Facebook (FB). Adanya larangan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016 lalu, yang telah dilanjutkan oleh ICO dalam investigasinya di bulan Agustus 2017.

BACA JUGA: Heboh di Instagram Tentang Tempelate Pertanyaan The Sunday Chapter!

Berdasarkan hasil investigasi itu, ICO menilai bahwa FB merupakan induk dari WhatsApp tidak transparan terkait dengan informasi proses berbagi data para penggunanya. Proses berbagi data yang dilakukan antara dua layanan ini dianggap tidak sah dengan aturan yang berlaku di Inggris.

WAJIB BACA :  Satu Hari, 300 Juta Orang Buat WhatsApp Status dan Bikin Instagram Stories!

WhatsApp belum mengidentifikasi dasar pemrosesan yang sah secara hukum untuk berbagi data pribadi”, kata perwakilan ICO, Elizabeth Denham, dikutip KompasTekno yang merangkum dari The Inquirer, Kamis (15/3/18).

“Jikapun mereka membagikan data tersebut (data pribadi), hal itu bertentangan dengan prinsip perlindungan data pertama dan kedua dari UU Perlindungan,” sambungnya.

WhatsApp
Copyright©gampongit

Berdasarkan situs resmi dari ICO, prinsip pertama perlindungan data diberlakukan di Inggris, menyatakan bahwa data pribadi wajib untuk diproses secara legal dan adil sesuai dengan hukum, serta secara khusus tidak dapat dilakukan pemrosesan terkecuali jika ada beberapa kondisi berlaku.

BACA JUGA : Cara melindungi Pesan di WhatsApp dengan Aplikasi Ini!

Untuk prinsip kedua, dara pribadi harus diperoleh hanya untuk satu atau sejumlah tujuan legal saja. Serta tidak diproses lebih lanjut dengan cara apapun yang sesuai dengan tujuan itu atau tujuan yang lain.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Gara-gara Mark Zuckerberg Dan FB, Trum Jadi Menang Pemilu AS?

Mendapati kondisi tersebut, WhatsApp kemudian menandatangani deklarasi yang menyebutkan bahwa layanan mereka tidak membagikan informasi apapun mengenai penggunanya kepada Fecebook, sampai 25 mei 2018.

Usai 25 Mei, seperti pada ketetapan General Data Protection Regulations (GDPR), WhatsApp menyatakan bahwa pihaknya hanya akan membagikan data sesuai dengan syarat yang sudah tertuang dalam GDPR.

WhatsApp sangat peduli dengan privasi penggunanya. Kami mengumpulkan data sangat sedikit dan setiap pesan telah terenkripsi dengan end-to-end encryption,” kata perwakilan WhatsApp.

“Seperti yang berulangkali kami jelaskan setahun belakang, kami tidak membagi data dengan cara yang telah disebutkan komisioner informasi Inggris atau negara lain di Uni Eropa”, tambahnya.

BACA JUGA : Kenapa Instagram Mendadak Hapus Fitur GIF?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here