Usai Menjalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka, Zumi Zola Tak Ditahan KPK

0
677
Zumi Zola
Copyright©tribunnews

Dalam Acara KPK Zumi Zola Turut Hadir

Indowarta.com – Walau sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi,  Zumi Zola selaku Gubernur Jambi masih dapat berpergian. Pasalnya dia masih belum ditahan terkait dengan kasusnya dan bahkan muncul dalam acara KPK.

BACA JUGA : Jangan Baper Deh, Sosok Kartun Tempo Bukan Habib Rizieq Shihab Kok!

Zumi Zola sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK pada awal bulan Fabruari 2018 lalu. Dia diduga telah menerima suap sebesar Rp 6 miliar yang berasal dari sejumlah kontraktor mengenai proyek lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi. Tujuan dari adanya suap tersebut adalah untuk mendapatkan persetujuan dari DPRD Jambi.

Kasus yang sekarang ini masih menjeratnya adalah pengembangan dari kasus korupsi APBD Jambi, yang sampai sekarang ini sudah menetapkan empat orang tersangka dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Terlebih dalam kasus tersebut, KPK berhasil mengamankan uang pecahan rupiah dan dollar saat melakukan penggeledahan sejak Rabu (31/1/18).

WAJIB BACA :  Panglima TNI Lakukan Koordinasi dengan KPK Bongkar Banyaknya Korupsi di Militer!

“Jumlah uang sampai saat ini belum bisa kita hitung. Tim masih di lapangan. Penyidik masih melakukan pengembangan perkara dalam perkara ini,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.

Zumi Zola
Copyright ©JawaPos

Sampai sekarang ini penyelidikan masih terus dilakukan, pemeriksaan kepada Zumi Zola dilakukan KPK pada pertengahan bulan Februari 2018 lalu sebagai tersangka. Akan tetapi, setelah menjalani pemeriksaan dirinya tidak ditahan.

BACA JUGA : Ini Isi Brankas Besar di Vila Zumi Zola!

Terkait dengan hal ini, Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan bahwa pihaknya masih mengumpulkan alat bukti yang cukup untuk menahan Zumi Zola terkait kasus suap ini. Sekedar diketahui, setelah melakukan penahan kepada tersangka, penyidik diberi batas waktu untuk secepatnya menyerahkan berkas kepada jaksa dan dilanjutkan dalam pengadilan.

WAJIB BACA :  Manuver Setya Novanto di Balik Tahanan KPK!

“Selalu prosesnya kita lihat juga pengalaman di Sulawesi Tenggara, di mana-mana juga. Kita kumpulkan dulu alat bukti yang cukup,” ujar Agus.

Lantaran masih belum ditahan, saat ini Zumi Zola masih bekerja seperti biasa, yaitu menjalankan tugasnya sebagai gubernur Jambi. Bahkan dirinya juga menghadiri beberapa acara, salah satunya adalah acara yang diselenggarakan Kemendagri.

Zumi Zola juga hadir dalam acara pencegahan korupsi yang diselenggarakan KPK. Dia terlihat hadir untuk memebukanya. Dalam acara itulah yang kemudian sudah mengundang sorotan tajam dari pihak KPK.

“Hal yang paling memalukan dan sangat ironis adalah kegiatan KPK ini dibuka dan dihadiri oleh Zumi Zola, Gubernur Jambi, yang berstatus sebagai tersangka dari KPK,” kata Koordinator ICW Adnan Topan Husodo, Selasa (20/3/18).

BACA JUGA : Ketika Fahri Hamzah Tuding Nazarrudin Bersekongkol dengan KPK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here