Tips Aman Dari Bank Mandiri Menyusul Adanya Kasus Skimming

0
680
Skimming mesin ATM (1)
Copyright©Ist

Bank Mandiri Sediakan Fitur Kepada Nasabah Untuk Mengantisipasi Adanya Skimming

Indowarta.com – Belum lama ini pihak kepolisian berhasil menangkap para pelaku pembobolan dana nasabah dengan cara skimming, yaitu dengan cara memasangkan alat pembaca data nasabah yang berada di mesin ATM. Penangkapan ini dilakukan menyusul adanya beberapa nasabah yang mengeluhkan bahwa saldonya berkurang tanpa adanya transaksi.

BACA JUGA : Polisi Minta Perbankan Untuk Lebih Aktif Pratroli Lakukan Cek ATM Untuk Hindari Skimming

Adanya masalah ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk pencegahan. Walau begitu, pihaknya tetap memberikan himbauan kepada para nasabah untuk tetap berhati-hati saat menjalankan transaksi.

WAJIB BACA :  Ada Apa dengan Mandiri Internet Banking, Kok Transaksi Gagal dan Dana Terpotong?

“Antisipasi skimming paling bagus kami imbau para nasabah pakailah fitur yang sudah lama ada, yaitu notifikasi,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Plaza Mandiri, Selasa (20/3/18).

Rohan Mengatakan, sekarang ini Bank Mandiri sudah memilik fitur notifikasi. Sehingga jika terjadi transaksi pengambilan dana atau memasukkan dana oleh nasabah dalam jumlah tertentu, maka mereka akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

mesin ATM (1)
Copyright©Istimewa

Rohan menilai, bahwa bantuk antisipasi ini cukup bagus untuk diterapkan oleh nasabah. Sehingga dari pihak bank jika terjadi kasus pencurian dengan menggunakan metode skimming, maka mereka dengan cepat akan terinfokan.

BACA JUGA : Karena Yusuf Mansur, Bank Muamalat Dapatkan Ratusan Nasabah!

“Kan begitu narik (dana) 1 menit kemudian tidak sampai (1 menit) langsung ada notifikasi ke HP kita bahwa ada pengurangan dan atau penambahan dana ke rekening kita, itu yang paling bagus,” jelas Rohan.

WAJIB BACA :  Bank Mandiri Akan Panggil GoJek Saat Beredar SMS Isi Gopay Kena Biaya!

Disamping itu, secara internal pihak dari Bank Mandiri pun juga melakukan beberapa langkah antisipasi, yang salah satunya adalah pengawasan. Rohan menyatakan, bahwa perseroan sudah melakukan pemasangat alat anti-skimming pada tiap mesin ATM.

“Tapi yang paling bagus adalah juga pengawasan fisik, keliling pada ATM-ATM , di mana itu banyak dilakukan oleh baik tim atau vendor yang mengisi uang ataupun dari cabang-cabang terdekat juga dilakukan,” kata Rohan.

Sebelumnya diketahui bahwa sejumlah kejahatan perbankan dengan menggunakan modus skimming Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sudah terbongkar. Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya berhasil menangkap lima orang pelaku. Polisi menduga bahwa masih banyak anggota dari komplotan tersebut yang berkeliaran.

BACA JUGA : Ada Transaksi Gelap yang Membuat Uang Tabungan Nasabah BRI Hilang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here