Bareskrim Polri Terus Usut Kasus Kelompok The Family MCA

0
592
Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto
Copyright©Kompas

The Family MCA Duduga Ada Keterkaitan Dengan Mantan Anggota Saracen

Indowarta.com – Bareskrim Polri masih terus melakukan penyelidikan terkait dengan kasus kelompok penyebar kabar yang bermuatan ujaran kebencian di media sosial (medsos), kelompok tersebut menamakan The Family Muslim Cyber Army (MCA).

BACA JUGA : Anies Baswedan Geram Akibat Adanya Kebocoran Informasi Penutuapan Hotel Alexis

“Masih dalam penggalian informasi terhadap pelaku yang ada juga dengan jaringan-jaringan yang ada,” kata Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto di Gedung KKP, Bareskrim Polri, Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/18).

Disamping itu, dia menyatakan bahwa Bareskrim akan terus memberikan pengawasan kepada seluruh aktivitas kelompok yang diduga melakukan penyebaran kabar hoax atau mengandung ujaran kebencian di media sosial.

WAJIB BACA :  The Family MCA Selalu Angkat Isu Sentimen China, PKI dan Kristen!

Ari menegaskan, jika saja menemukan kelompok yang betindak seperti The Family MCA itu, pihaknya tidak akan segan-segan untuk melakukan penindakan tegas. Karena bentuk tidakan seperti itu telah melanggar aturan.

“Kalau kita bicara tugas reserse itu menemukan faktanya baru melihat dan menilai apakah itu ada perbuatan pidana atau tidak. Bila ada perbuatan pidana apa yang dilakukan. Itu aja yang kita tegakkan,” paparnya.

Polisi tangkap MCA
Copyright©Okezone

Kelompok yang mengatasnamakan The Family MCA diduga kuat kerap kali melakukan penyebaran isu provokatif melalui media sosial, diantaranya tentang kebangkitan dari PKI, penyerangan kepada nama baik presiden, pemerintah, beberapa tokok tertentu, serta isu penculikan ulama.

BACA JUGA : The Family MCA Selalu Angkat Isu Sentimen China, PKI dan Kristen!

Selain itu, Bereskrim juga menduga kuat bahwa The Family MCA ini juga telah melibatkan mantan dari anggota atau jaringan kelompok penyebar kabar hoax Saracen, yang diketahui sebelumnya sudah diusut oleh pihak kepolisian.

WAJIB BACA :  The Family MCA Selalu Angkat Isu Sentimen China, PKI dan Kristen!

Disamping menyebarkan isu yang mengadung ujaran kebencian, The Family MCA ini juga mengirimkan beberapa virus kepada kelompok atau orang yang mereka nilai sebagai musuhnya. Biasanya virus ini akan dapat merusak perangkat dari penerima.

Berdasarkan data terakhir di Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengenai kasus ini, polisi berhasil menangkap tujuh orang pelaku penyebar kabar hoax yang tergabung dalam jaringan The Family MCA.

Akibat perbuatannya, mereka teracam dikenakan Pasal 45A Ayat (2) juncto Pasal 28 Ayat (2) UU ITE 11/2008 ITE, Pasal juncto Pasal 4 huruf b angka 1 UU 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pasal 33 UU ITE.

 BACA JUGA : Misi MCA yang Ingin Adu Domba Umat Muslim Jawa Barat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here