Ini Dia Jadwal Penerimaan CPNS 2018, Simak Syarat-Syarat dan Dokumen yang Wajib Disiapkan!

    0
    1258
    Tes CPNS
    Copyright©liputan6

    Catat Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Serta Syarat-Syarat dan Dokumennya

    Indowarta.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) akan kembali membuka penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, pembukaan akan dilakukan setelah diselenggaranya Pilkada.

    BACA JUGA : Pendaftaran CPNS 2018 Diprioritaskan Untuk Sektor Kesehatan dan Pendidikan!

    Untuk sekarang ini, Menteri PAN-RB Asman Abnur mengungkapkan, pihaknya masih menghitung kebutuhan PNS secara riil. Tes penerimaan CPNS 2018, kata dia, Jumat (23/3/18), akan diselenggarakan setelah konstetasi politik lokal itu.

    Sedangkan berdasarkan pada pehitungan Badan Kepegawaian Negara, tes akan digelar hingga 10 sampai 20 hari, atau seminggu lebih sampai tiga minggu setelah adanya pencoblosan yang dilangsungkan pada 27 Juni 2018 mendatang.

    Kementerian PAN-RB memiliki target adanya jumlah pendaftar yang akan diterima 60-70 persen dari total 220 ribu PNS yang akan pensiun pada tahun ini. Terkait dengan itu sesuai dengan sistem minus growth yang sudah dilaksanakan pemerintah.

    CPNS 2018 Pendidik
    Copyright©ribunnews

    Sehubungan dengan hal itu, kata Asman, di tahun 2018 adalah tahun reformasi birokrasi, oleh sebab itu sistem penerimaan CPNS 2018 ini akan menjadi salah satu aspek yang akan dilakukan pembenahan. Dia menambahkan, dalam penerimaan kali ini harus ada satu pintu, sehingga tidak ada penerimaan tanpa adanya tes.

    BACA JUGA : Alasan BKN Izinkan PNS Pria Dampingi Istri Melahirkan!

    “Jadi saya dengan tim sekarang tidak mau lagi menerima sarjana teknik sekian orang. Nah kami mau teknik itu teknik apa saja, ditempatkan di unit kerja mana,” ungkap Asman sebelumnya.

    Sedangkan untuk dokumen antara pendaftar lulusan SMA dan sarjana berbeda. Untuk para pekerja profesional syarat pekerja yang perlu untuk dipersiapkan dalam pendaftaran penerimaan CPNS 2018 ini sebagai berikut:

    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
    • Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
    • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

    Dokumen tahan untuk yang lulusan D III dan SMA/sederajat seperti:

    • Materai Rp 6.000
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi ijazah/STTB
    • Fotokopi ijazah SD
    • Fotokopi ijazah SLTP
    • Fotokopi ijazah SLTA.

    Simak Juga: Bebas KKN, Seleksi CPNS Sekarang Sudah Berbeda!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here