Koalisi Empat Partai Dinilai Bakal Jadi Penyeimbang Koalisi Partai Pengusung Jokowi

0
3803
Jokowi
Copyright ©nasionaltempo

Koalisi Empat Partai Dianggap Memiliki Seorang Tokoh Karismatik

Indowarta.com – Toto Sugiarto, selaku pengamat politik dari Universitas Paramadina mengatakan, kemungkinan adanya koalisi dari Partai Gerindra PAN, PKS, dan PBB akan dapat menyeimbangkan dari koalisi partai pengusung Joko Widodo atau Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

BACA JUGA : 3 Pimpinan Baru MPR yang Akan Dilantik Siang Ini!

Hal itu karena adanya beberapa tokoh yang ada dinilainya dapat menciptakan suara untuk memenangkan Pilpres 2019 mendatang. ”Jika keempat parpol ini berkoalisi, maka bisa mengusung pasangan calon dan berpeluang memenangkan kontestasi,” ujar Toto di Jakarta, Sabtu (24/3/18).

Dia mengatakan bahwa kontestasi tersebut akan dapat diimbangi karena adanya mesin politik yang dimiliki oleh partai-partai peserta. Terkait dengan hal tersebut, empat porpol itu juga didukung adanya konstituen serta simpatisan fanatik untuk menyeimbangi koalisi partai pengusung Jokowi.

WAJIB BACA :  Politik Subuh Ma’ruf, Kumpulkan Ulama dan Upaya untuk Perkuat Barisan !

Dalam hal ini, Toto mencontohkan Partai Keadilan Sosial Sejahtera (PKS) yang sudah dikenal dengan simpatisan yang dianggap loyal. Disamping itu, dari Partai Amanat Nasional (PAN) akan memiliki suara dari kalangan pemilih Muhammadiyah. “Partai Gerindra dan PBB juga punya pemilihnya sendiri,” pungkasnya.

Prabowo
Copyright©Detik

Sedangkan dia menilai bahwa Partai Gerindra sampai sekarang ini sudah harga mati untuk mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto untuk maju kembali dalam Pilpres 2019. Adanya isu yang menyebutkan munculnya calon lain, seperti mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dianggapnya tidak terlalu mempengaruhi.

BACA JUGA : PA 212 Berencana Dongkrak Popularitas Habib Rizieq Shihab!

Sehingga dengan itu, muncul sebuah wacana menjadi cawapres pendamping Prabowo dalam Pilpres 2019. Toto mengatakan, sejumlah tokoh dari empat parti koalisi tersebut juga memiliki kemungkinan menjadi cawapres pendamping Prabowo untuk bersaing dengan kolisi partai Jokowi.

”Bisa dari PKS yakni Hidayat Nur wahid, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Yusril Ihza Mahendra dari PBB,” ucap dia.

WAJIB BACA :  Jokowi Diajari Beda Grasi dan Amnesti Terkait Kasus Baiq Nuril !

”Dari PKS juga bisa mengusung Aher atau Ahmad Heryawan. Atau, mungkin tokoh di luar partai seperti Anies Baswedan,” sambungnya.

Sedangkan pengamat politik Universitas Indonesia, Cecep Hidayat menilai bahwa koalisi empat partai yang dianggap mampu menyeimbangi koalisi partai pengusung Jokowi itu memiliki tokoh kharismatik.

”Kalau empat parpol tersebut punya tokoh yang kharimatik dan relatif bisa mengikat semua, persoalan pengajuan calon menjadi tidak masalah. Tapi persoalannya, sosok yang demikian belum ada,” kata Cecep Hidayat, di Jakarta, Sabtu (24/3/18).

BACA JUGA : Prabowo diantara Jokowi dan Gatot Nurmantyo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here