Tak Termasuk Guru, Pembukaan CPNS 2018 Untuk 110 Ribu Orang!

    0
    620
    CPNS 2018 Pendidik
    Copyright©ribunnews

    Lowongan CPNS 2018 Tak Mencangkup Kuota Guru

    Indowarta.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Pembukaan lowongan ini untuk menggantikan 220 ribu PNS yang sudah memasuki masa pengsiun di pada tahun ini.

    BACA JUGA : Ini Dia Jadwal Penerimaan CPNS 2018, Simak Syarat-Syarat dan Dokumen yang Wajib Disiapkan!

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menungkapkan, biasanya kuota yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo setengah dari jumlah pensiun PNS pada tahun ini, yaitu sekitar 110 ribu orang.

    “Semua tentu bergantung pada kemampuan keuangan,” ujar di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin, 26 Maret 2018.

    Akan tetapi, Asman mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta dari seluruh jumlah CPNS 2018 tersebut tidak mencangkup kuota guru. Hal itu karena kebutuhan guru yan masih dianggap memiliki banyak kekurangan.

    “Tenaga kesehatan dan pendidikan tetap prioritas,” pungkasnya.

    Asman mengatakan, setelah nantinya telah ditentukan formasi CPNS 2018, kementeriannya akan segera melakukan penyeleksian kemampuan daerah atas formasi yang telah ditentukan itu, khsusunya mengenai belanja pegawai.

    “Belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen. Kalau belanja lebih dari itu, tidak akan kami berikan,” paparnya.

    seleksi cpns 2018
    Copyright©tempo

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengharapkan Kementerian PAN-RB akan memberikan jatah sebanyak 100 ribu lowongan dalam CPNS 2018 ini, jumlah lowongan tersebut khusus diperuntukan untuk guru.

    BACA JUGA : Penerimaan Polri 2018 Resmi Dibuka Hari Ini

    “Mudah-mudahan tahun ini Menteri PAN-RB berkenan memberikan 100 ribu CPNS 2018 untuk guru pada tahun ini,” ungkap Muhadjir disela memberikan pembekalan kepada CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di kantornya, Senin.

    Menanggapi adanya harapan tersebut, Asman mengatakan akan mempertimbangkannya dengan cara melihat keuangan daerah. Disamping itu, juga akan menawarkan kepada beberapa daerah yang jumlah belanja pegawainya masih dibawah dari 50 persen.

    Dalam kesempatan itu, Asman bercerita mengenai serorang guru, salah satu ceritanya adalah tentang seorang guru PNS yang telah ditemuinya menjabat sebagai kepala dinas perhubungan. “Bagaimana kamu ini bisa menjadi kepala dinas perhubungan?” kata Asman Abnur mengungkapkan dialognya.

    “Saya diangkat karena menjadi tim sukses kepala daerah, Pak,” tuturnya menirukan jawaban guru PNS tersebut.

    BACA JUGA : Pendaftaran CPNS 2018 Diprioritaskan Untuk Sektor Kesehatan dan Pendidikan!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here