Terkait Kasus Emirsyah Santar, KPK Jadwalkan Pemanggilan Kepada Indraguna Sutowo

0
915
KPK
Copyright©kabarrakyat

KPK Tetapkan Emirsyah Santar Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap Pengadaan Pesawat dan Mesin Pesawat

Indowarta.com – Pemeriksaan kepada Direktur Utama PT Mugi Rekso Abadi, Maulanan Indraguna Sutowo, telah dijadwalkan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemanggilan ini terkait dengan kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C terhadap PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

BACA JUGA : Kesaksian Dokter dan Perawat Soal Rekayasa Medis Setya Novanto!

Suami dari artis Dian Sastrowardoyo tersebut akan diperiksa sebagai saksi untuk mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Santar, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap ini.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ESA,” ujar Febri, Selasa (27/3/18).

WAJIB BACA :  Setya Novanto Minta Perlindungan Jokowi Saat Dipanggil KPK?

Dalam kasus yang sudah dalam penanganan KPK ini, selain Emirsyah Santar, juga telah ditetapkan satu tersangka lainnya yang terlibat dalam kasus tersebut, yaitu Soetikno Soedarjo, selaku pendiri dan CEO PT Mugi Rekso Abadi.

Emirsyah Santar
Copyright ©Kompas

Terkait kasus ini, suap yang telah diberikan kepada Emirsyah Santar berasal dari Soetikno. Dalam dugaan penyidik, dia sudah menerima suap berupa uang sebesar 2 juta dollar AS dan barang dengan harga 2 juta dollar AS yang diketahui berada di Singapura serta Indonesia, yang berasal dari Inggris Rolls-Royce.

BACA JUGA : Usai Menjalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka, Zumi Zola Tak Ditahan KPK

Berdasarkan keterangan KPK, suap itu memang sengaja diberikan oleh Rolls-Royce kepada Emirsyah Santar, untuk memuluskan jalan sebagai perusahaan yang akan menyediakan mesin pesawat dari maskapai penerbangan nomor satu di Indonesia tersebut.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: DPR Protes Pencekalan Setya Novanto, Begini Komentar KPK!

Disamping itu, bentuk kerja sama pengadaan mesin pesawat ini diduga KPK telah diperantarai oleh Soetikno. Sedangkan perusahaan Connaught Internasional Pte Ltd, yang berada di Singapura, dimana Soetekno menjabat sebagai beneficial owner Connaught Internasional Pte Ltd, diketahui memiliki kedekatan dengan Airbus dan Rolls-Royce, selaku konsultan penjualan mesin pesawat dan pesawat yang ada di Indonesia.

Disamping melakukan pemeriksaan kepada Indraguna Sutowo dalam kasus dugaan suap dengan tersangka Emirsyah Santar, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan kepada VP Network Management PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Tenten Wardaya. Sama halnya dengan Maulana, Tentan akan diperiksa penyidik KPK sebagai saksi.

BACA JUGA : Mahkamah Agung Tolak PK Ahok Karena Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here