Elektabilitas Prabowo Tak Mampu lebih Dari 25 Persen!

0
2199
Prabowo.
Copyright ©Istimewa

Berdasarkan Beberapa Survei Menunjukkan Elektabilitas Prabowo Dibawah 25 Persen

Indowarta.com – Muradi seorang Pengamat Politik Universitas Padjajaran memperkirakan bahwa elektabilitas dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tidak dapat naik lebih dari 25 persen dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

BACA JUGA : Datangi Panggilan Polisi, Presiden PKS Sohibul Imam Hanya Jalani Pemeriksaan Selama 20 Menit

“Posisi Pak Prabowo selalu di angka 20 persen, tidak bisa naik lagi,” ujar Muradi saat dihubungi, Kamis (29/3/18).

Berdasarkan hasil survei dari tujuh hingga delapan lembaga survei sudah mencatat bahwa elektabilitas dari Prabowo tidak mengalami kenaikan. Kata Muradi, masih tetap diangka 20-25 persen, “Segitu saja terus,” sambungnya.

Jika melihat dari angka elektabilitas tersebut, Muradi menilai sulit untuk Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung Prabowo menjadi calon presiden (Capres) dalam Pilpres 2019 mendatang.

WAJIB BACA :  Partai Gerindra Komentari Soal Kasus Persekusi!
Prabowo
Copyright©Tribun

Berdasarkan hasil survei PolMark menunjukkan eletabilitas Jokowi mencapai 50,2 persen dan Prabowo sebesar 22 persen. Sedangkan survei yang dilakukan oleh Median pada Oktober 2017 lalu, elektabilitas Jokowi mencapai 36,2 persen dan Prabowo mendapatkan 23, 2 persen. Penurunan elektabilitas keduanya mulai terlihat pada survei bulan Fabruari 2018, Jokowi mendapatkan 35,0 persen dan Prabowo sebesar 21,2 persen.

BACA JUGA : Calon Kadidat Cawapres Terkuat Pendamping Prabowo Dalam Pilpres 2019

Hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) 7  hingga 13 Desember 2017 memperlihatkan dari besaran jawaban spontan para responden. Dalam survei tersebut Jokowi memperoleh elektabilitas di angka 38,9 persen. Sedangkan untuk dibawahnya ada Prabowo yang memperoleh eletabilitas 10,5 persen.

WAJIB BACA :  Cerita Fadli Zon Lobi Kubu SBY dan Prabowo di Awal Pilkada DKI!

“Apakah dengan menggandeng Anies bisa meningkatkan elektabilitas? Pertanyaan ini bisa dijawab oleh timses Anies dan partai politik,” ujar Muradi.

PKS akan melakukan pembahasan adanya kemungkinan Gerindra menggandeng sebagai cawapres pendamping Prabowo dalam Pilpres 2019. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku bahwa pihaknya memiliki kedekatan secara personal dengan Anies Baswedan. Dia optimis Anies dan kader yang akan didorong PKS untuk maju dalam Pilpres akan dapat meningkatkan eletabilitas Ketum Gerindra tersebut.

“Mas Anies seperti juga Kang Aher (Ahmad Heryawan) atau Sohibul Iman dapat mendongkrak elektabilitas Prabowo,” ujar Mardani di Jakarta, Selasa (27/3/18).

BACA JUGA : Terancam Sanksi, Anies Baswedan Diberhentikan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here