Prediksi PKB Terkait Munculnya Poros Ketiga Dalam Pilpres 2019

0
2563
Ketua DPP PKB Lukman Edy
Copyright©MI

Ada Beberapa Partai Politik Yang Masih Belum Menentukan Sikapnya Terkait Pilpres 2019

Indowarta.com – Menjelang Pimilihan Presiden (Pilpres) 2019, peta politik masih dinamis. Ada beberapa partai politik yang sudah menyatakan dukungan mereka kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju sebagai calon presiden (cawapres).

BACA JUGA : Demokrat Menyatakan Hubungan Dengan PDIP Kurang Baik

Sedangkan dari oposisi, ada Gerindra yang dikabarkan akan melakukan koalisi dengan PKS. Namun sampai sekarang ini, ada beberpaa partai yang masih belum menyatakan sikap mereka untuk Pilpres 2019 mendatang, yaitu Demokrat, PKB, dan PAN.

Ketiganya menggagas poros ketiga sebagai penantang Jokowi dan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Ketua DPP PKB Lukman Edy mengungkapkan, adanya poros ketiga dapat terbentuk jika saja Demokrat memutuskan untuk mengungsung mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

WAJIB BACA :  Pesaing Kuat Jokowi di Pilpres 2019 Menurut Polmark!

Dia menilai, adanya bentuk komunikasi politik yang dilakukan antara Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Gatot Nurmantyo dapat berlangsung. Hal itu mengigat, Gatot pernah menjadi ajudan Presiden ke-6 RI tersebut.

Pilpres 2019
Copyright©okezone

“Misalnya Demokrat mengusung Gatot, itu akan terjadi poros ketiga. Kalau Demokrat masih dukung AHY tidak terjadi poros ketiga,” kata Lukman dalam diskusi di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (30/3/18).

BACA JUGA : Gatot Nurmantyo: Ada Tawaran Dari Prabowo Subianto Untuk Bergabung Partai Gerindra

Demokrat diperkirakan akan mengusung purta SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Akan tetapi, Edy beranggapan bahwa masih belum saatnya Agus maju dalam Pilpres 2019 nanti. Hal itu karena, kata Edy , seluruh kebutuhannya dalam berpolitik masih dibawah kendali dari SBY. Namun jika menjadi cawapres, Edy menilai kalau Agus masih mempuni.

WAJIB BACA :  Jika Ada Kecurangan Pemilu, Habib Rizieq Minta Rakyat Protes Keras ke Bawaslu !

“Pak AHY belum dewasa, logistik masih logistik bapak, kantong bapak, jejaring masih bapak, enggak bisa calon Presiden,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR tersebut.

Disamping itu semua, dia berpendapat bahwa munculnya poros ketiga pada Pilpres 2019 mendatang kemungkinan besar akan membayakan suara Jokowi. Terkait dengan hal tersebut, dia mencontohkan dalam Pilpres 2014 lalu.

“Kemudian yang berbahaya itu kalau terjadi tiga poros, kalau terjadi tiga poros maka warning buat (koalisi) pemerintahan jokowi, karena kalau terjadi tiga poros akan terjadi seperti pilkada DKI,” kata Lukman.

BACA JUGA : Elektabilitas Prabowo Tak Mampu lebih Dari 25 Persen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here